Manual Laboratorium untuk Mendukung Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Matakuliah Struktur Hewan
(1) State University Of Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v15i2.1554
Abstract
Mengubah kegiatan praktikum ke dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing, bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metode ilmiah dan keterampilan proses sains bagi mahasiswa. Selama pembelajaran inkuiri terbimbing, mahasiswa menggunakan manual laboratorium sebagai pedoman untuk melakukan aktivitas pengumpulan data. Prosedur kerja pada manual laboratorium, menguraikan secara jelas dan lengkap tahapan kegiatan membedah, mengamati, dan mengidentifikasi organ-organ tubuh, pada spesies tertentu yang mewakili lima kelas dari filum vertebrata. Pada tahap akhir pembelajaran, mahasiswa mengorganisasikan data yang telah mereka peroleh dan mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif, kuesioner respon mahasiswa terhadap manual laboratorium dan kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi dalam bentuk laporan ilmiah. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa manual laboratorium memudahkan mahasiswa dalam aktivitas pengumpulan data. Pembelajaran ikuiri terbimbing juga mendapat respon yang baik dari mahasiswa dan membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 257 times | PDF view : 1741 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.