Analisis Kesesuaian antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Watansoppeng

Lodang Hamka, Suraya Bara Nur Afni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran biologi pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Objek penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VII, VIII, IX pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMPN 1 Watansoppeng. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan data persentase. Berdasarkan hasil analisis 186 pertanyaan formatif  dan 105 tujuan pembelajaran pada level kognitif, 50 (27%)  termasuk dalam kategori sesuai, 75 (40%) kurang sesuai, dan 61 (33%) tidak sesuai. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tingkat kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran Biologi semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 1 Watansoppeng pada umumnya dikategorikan kurang atau tidak sesuai.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 1148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Jurusan Biologi 
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Flag Counter