Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia
(1) State University Of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i2.1431
Abstract
Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan media yang memiliki tingkat validitas tinggi serta menarik bagi siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Hanaffin and Peck yang terdiri dari tiga tahap kegiatan, yakniAnalysis, Design, dan Implamentation. Hasil validasi oleh tim ahli menunjukkan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash pada konsep sistem reproduksi manusia memiliki tingkat validasi yang sangat tinggi dengan rata-rata total nilai validasi (Va) = 4,6 (sangat valid). Hasil analisis data yang diperoleh pada kegiatan ujicoba terbatas menunjukkan ketertarikan siswa terhadap media dengan persentase respon 43,1% siswa menilai sangat baik, 46,7% siswa menilai baik, 10,2% siswa menilai cukup baik, 0% siswa memilih kurang baik, dan 0% siswa memilih tidak baik. Sebagai kesimpulan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash dapat dijadikan sebuah media pembelajaran yang valid serta dapat menarik minat siswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 654 times | PDF view : 560 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.