Strategi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Dipadu Think Pair and Share dalam memberdayakan Sikap Sosial Siswa Multietnis
(1) Universitas Mulawarman Samarinda
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1420
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) dan strategi konvensional dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 5. Variabel bebas penelitian terdiri adalah strategi pembelajaran dan multietnis siswa. Variabel yang diukur adalah sikap sosial siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan Anakova dibantu program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpola PBMP dipadu TPS dan strategi konvensional memiliki perbedaan dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis. Strategi pembelajaran berpola PBMP dipadu TPS berpengaruh terhadap sikap sosial siswa, akan tetapi strategi berpola PBMP dipadu TPS tidak memiliki peluang yang lebih besar dalam memberdayakan sikap sosial siswa multietnis dibandingkan dengan strategi konvensional.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 254 times | PDF view : 190 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.