Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa.

Palennari Muhiddin(1*),

(1) State University Of Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v13i1.1418

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa baru yang tersebar pada 4 program studi yaitu program studi Biologi, pendidikan Biologi, Kimia, dan pendidikan Kimia FMIPA UNM semester ganjil tahun akademik 2011/2012. Sampel penelitian dipilih 2 kelas yaitu program studi Pendidikan Kimia (N=36) sebagai kelas eksperimen sedang program studi Biologi (N=30) sebagai kelas pembanding (konvensional). Keterampilan berpikir kritis yang diukur meliputi interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference), penjelasan (explanation), dan self-regulation. Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian tes sebelum dan setelah perkuliahan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa, sehingga strategi integrasi PBL+Jigsaw lebih berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dibanding strategi pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 971 times | PDF view : 756 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.