HUBUNGAN INTELIGENSI JAMAK (MULTIPLE INTELLIGENCES) DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI RANAH KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 1 WATANSOPPENG

Lukma .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara inteligensi jamak (multi Intelligencess) dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Ilmu Sosial SMAN 1 Watansoppeng sebanyak 138 orang dengan jumlah sampel 102 siswa. Pengambilan sampel menggunakan  random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi Product Moment dan analisis adjusted R2. Hasil penelitian diketahui bahwa perolehan skor rata-rata seluruh variabel  termasuk dalam katagori tinggi, yaitu inteligensi logika matematika skor rata-rata 15,60,  visual spasial 14,35, intrapersonal 55,69  kinestetik 53,25, serta hasil belajar Ekonomi Akuntansi dengan skor rata-rata 24,35. Hasil uji hipotesis 1 terbukti ada hubungan yang signifikan antara inteligensi logika matematika dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y=8,858+0,993X1. , kontribusi variabel sebesar 0,387 (38,7%) dan koefisien korelasi sebesar 0,622. Hipotesis 2 terbukti tidak ada hubungan signifikan antara inteligensi visual spasial dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,152. Hipotesis 3 terbukti ada hubungan yang signifikan antara inteligensi intrapersonal dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y=16,409+0,143X3 kontribusi variabel sebesar 0,042 (4,2%) dan koefisien korelasi sebesar 0,205. Hipotesis 4 terbukti tidak ada hubungan yang signifikan antara inteligensi kinestetik dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,128. Hipotesis 5 terbukti ada hubungan  yang signifikan antara inteligensi logika matematika, visual spasial, intrapersonal dan kinestetik secara bersamasama  dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y = -2, 892 + 1,002X1+  0, 139X2+ 0, 142X3 + 0,032X4 kontribusi variabel sebesar 0,452 (45,2%) dan koefisien korelasi sebesar 0,672. Dapat disimpulkan bahwa inteligensi jamak (multi inteligences) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi Akuntansi

Keywords


Regresi Linear Sederhana

Full Text:

Untitled PDF

Article Metrics

Abstract view : 309 times | Untitled view : 0 times PDF view : 602 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:
Prodi penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 
Alamat : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 .Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Indonesia

ISSN: 2460-402X