PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Hardiyanti Paharuddin(1*), A. Mushawwir Taiyeb(2), Rachmawaty Rachmawaty(3),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v1i1.5438

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen. Jenis eksperimen adalah Posttest-Only Control Group Desains. Populasi penelitian ini adalah rombel X SMA Negeri 7 Bulukumba, dan sampel terpilih sebanyak 2 rombel yaitu kelas X2 sebanyak 25 orang dan kelas X7 sebanyak 27 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung berada pada kategori sedang, (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar peserta didik pada kelas pembelajaran langsung berada pada kategori rendah, (3) Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Direct Instruction, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Ambarsari W, Slamet S & Maridi. 2013. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 5 No. 1. (http://jurnal.fkip.uns. ac.id/index.php/bio/article/view/1441. Diakses tanggal 7 Oktober 2016)

Depdiknas. 2008. Rancangan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA

Dewi N L, N Dantes & I W Sadia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (http://ejournal. undiksha.ac.id. Diakses tanggal 7 Oktober 2016)

Hamdu G & Lisa A. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12. No. 1. (http://jurnal.upi.edu/pko/view/1372/pengaruh-motivasi belajar-siswa-terhadap-pestasi-belajar-ipa-di-sekolah dasar(studi-kasus-terhadap-siswa--kelas-iv-sdn tarumanagara-kecamatan-tawang-kota tasikmalaya).html. Diakses tanggal 21 Oktober 2016)

Hapsari, MJ. 2012. Keefektifan Model Inkuir Terbimbing dan Direct Instruction Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Depok Sleman. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. (http://eprints.uny. ac.id/35213/. Diakses tanggal 2 Juni 2017)

Kusumawardani. A., Utami, B. & Sukardjo, J. S. 2015. Penerapan Metode Numbered Heads Together (NHT) dilengkapi Lingkaran Buffer untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 4. No. 4 (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/dowoad/6676/4557.pdf. Diakses tanggal 10 Juni 2017)

Nugroho PA, Suciati & Riezky MP. 2014. Penerapan guided inquiry disertai mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa sma negeri 1 ngemplak boyolali tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article view/5090/3596. Diakses tanggal 8 Mei 2017) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional (http://sindikker.ristekdikti.go.id/dok/PP/PP32 2013PerubahanPP19-2005SNP.pdf. Diakses tanggal 9 November 2016).

Rezki, A S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Yang Diintegrasikan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Minat, Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Sman 6 Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Ridho, N. 2011. Model Pembelajaran Langsung. (http://skp.unair.ac.id/repository/GuruIndonesia/Model embelajaranl_nurridho_10595.pdf. Diakses tanggal 9 Mei 2017)

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media

Saniah St, Y Hala & AM Taiyeb. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watanpone Kabupaten Bone. Jurnal Bionature Vol. 17. No. 1 (http://ojs.unm.ac.id/index.php/bionature/ article/view/2593. Diakses tanggal 5 April 2017) Sardiman, A M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Uno. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 14, No.1. (http://jurnalPendidikan.ac.id. Diakses tanggal 3 Juni 2017).


Article Metrics

Abstract view : 642 times | Untitled view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hardiyanti Paharuddin, A. Mushawwir Taiyeb, Rachmawaty Rachmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License