HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI, MOTIVASI, DAN KESIAPAN MENTAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN GOWA

Asnir Andriani Usman(1*), Yusminah Hala(2), Halifah Pagarra(3),

(1) SMAN 19 Gowa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v1i1.5437

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hubungan kemampuan metakognisi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa, (2) mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa, (3) mengetahui hubungan kesiapan mental dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa, (4) mengetahui hubungan secara bersama-sama kemampuan metakognisi, motivasi dan kesiapan mental dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Gowa, tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 942 orang kemudian dilakukan pengambilan sampel secara purposive random sampling dan terpilih sebanyak 107 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket kemampuan metakognisi, (2) angket motivasi, (3) angket kesiapan mental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hubungan kemampuan metakognisi dengan hasil belajar berada pada ketegori kuat dengan nilai koefisien korelasi 0,626 (2) hubungan antara motivasi dan hasil belajar biologi berada pada kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,573 (3) hubungan kesiapan mental dengan hasil belajar berada pada kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,548, (4) Secara bersama-sama hubungan kemampuan metakognisi, motivasi dan kesiapan mental dengan hasil belajar Biologi berada pada kategori kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,633.


Keywords


Kemampuan metakognisi, motivasi, kesiapan mental, hasil belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Amir, A. 2015. Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri di Kota Palopo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Amry, Sofyan & Ahmadi ,Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajran. PT. Prestasi Putra Karya Jakarta.

Ardilla, dkk. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (pbmp) di SMAN 9 Malang. Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Malang.

Cautinho, Savia A. 2007. The Relationship Between Goals, Metakognition and Academic Success. Northern Illinois University, United State of America. Educated-vol 7, No 1, 2007, pp 39 -4.

Danial, Muhammad. 2010. Pengaruh Strategi PBL. Terhadap Metakognisi dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemica, vol.11. No.2

Effendi, Nur. 2013. Pengaruh Pembelajran Recirocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognisi Bealajr Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pedndidikan Vol. 3, No. 2.

Fajriani. 2015. Pengaruh Metakognisi dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Bulukumba. Tesis. Tidak Diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hamrah. 2015. Hubungan Kecerdasan Interpersonal, Gaya belajar, dan Motivasi Belajar dengan Hsil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Wajo. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Islamuddin, H. 2012. Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Jayapraba. 2013. Metacognitive Instruction And Cooperative Learning-Strategies For promoting Insightful Learning In Science. International Journalon New Tredns in Education and Their Implications. Collage of Education & Research scolar M.S. University

Tirunelveli. INDIA. January 2013 Volume : 4 Issue: 1 Article : 15

Kusmaningtias, A., Zubaidah. 2013. Pengaruh Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Number Head Togther Terhadap Kemampuan Metaokognitif, Berfikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan.

Maryati, I. 2008. Hubungan Antara Metakognitif, motivasi dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) dengan Kreativitas Pada Siswa Akselesrasi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhiddin. 2012. Potensi Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Peserta didik. Makalah Disajikan Pada seminar Nasional Pendidikan . FKIP UNS.

Mujis & Reynold. 2008. Efective Teaching. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Murti, Setya, H.A. 2011. Metakognisi and Theory of Mind(ToM). Jurnal Psikologi. Pitutur. Vol. 1. No.2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006. 2010. Hubungan Efikasi Diri dan dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikology Islam (JPI) Vol. 8. No.2

Rahmawati. 2011. Melatih Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Bandung: e Journal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet.XX. PT Grafindo Persada. Jakarta.

Shannon, S. V., Collage, W. S. 2008. Using Metakognition Strategis and Learning Styles to Cereate Self-Directed Learns. Institute for Learning Journal. Vol. 1

Syah, M. 2015. Psikologi Belajar. PT.Raja Grafindo. Jakarta.

Toit, S. D. Kotze, G. 2011. Metakognitive Strategi Inthe Teaching And Learninng Mathematics. Universytas Of Free State : Faculty Of Education

Wena, M. 2013. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Yuliana, Indah. 2011. Pegaruh Minat dan Kesiapan Mental Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Islam Terpadu Pekan Baru Riau

Yuwono, Corneleus, S.M. 2014. Peningkatan Keterampilan Metakognisi Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw- Modifikasi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Bali. Jurnal

Santiaji Pendidikan, Volume 4, Nomor 1, Januari 2014 ISSN 2087-9016.


Article Metrics

Abstract view : 1547 times | PDF view : 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asnir Andriani Usman, Yusminah Hala, Halifah Pagarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License