ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION
(1) Universitas Cokroaminoto
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v2i1.10726
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo dalam menghasilkan bahan ajar dengan menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara dan kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh gambaran bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo telah mampu menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan syarat didaktik, konstruksi, dan teknis dengan menggunakan MER dengan persentase 49%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S. (2013). Pengolahan Bahan Ajar. Handout perkuliahan. Bandung: tidak diterbitkan.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1989. Educational Research An introduction. New York: Longman
Dikti. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Diakses pada tanggal 12 Februari 2018 dari halaman www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.pp
Duit, R. (2009). Bibliography - Students' and Teachers' Conceptions and Science Education. Diakses pada tanggal 26 Januari 2018 dari halaman http://www.ipn.uni-kiel.de/aktuell/stcse/stcse.html.
Hadiyanti, N. &Widodo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia Berbasis Pengetahuan Awal Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015.
Hestenes, D. & Halloun, I. 1995. Interpreting the Force Concept Inventory. The Physics Teacher, 33(8), 502–506. Diakses dari halaman http://www.physics.emory.edu/faculty/weeks/journal/hestenes-tpt95.pdf
Kusumah, F.H. 2013. Diagnosis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kalor Menggunakan Three-Tier Test .Educationist VII (1), pp. 11-20.
Nieberg, K & Gropengiesser, H. 2013. The Model of Educational Reconstruction: a Framework for the Design of Theory-Based Content Spesific Intervention. The Example of Climate Change. Netherland : SLO.
Pesman, H. (2005). Development of A Three-Tier Test to Assess Ninth Grade Students’ Misconceptions about Simple Electric Circuits. Department of Secondary Science and Mathematics Education, Middle East Technical University, Turkey.
Posner, G.J. (1982). Accomodation of A scientific Conception: toward A Theory of Conceptual Change. Science Education 66 (2): 211-227.
Yusmaika, E. 2017. Pengembangan Model Rekonstruksi Pendidikan Pada Bahan Ajar Sel Elektrokimia Berbasis Green Chemistry. JEP Volume 1 | Nomor 1|Mei 2017 e-ISSN 2579-860X 71
Article Metrics
Abstract view : 298 times | PDF view : 46 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mutmainna Ekawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh