Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Hidup Pada SMP Negeri 3 Kota Makassar

Darmawati Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam menerapkan berbagai
metode untuk pendidikan lingkungan hidup pada pembelajaran IPS yang terintegrasi di
SMP Negeri 3 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber
data penelitian adalah guru IPS dan siswa sebagai responden. Teknik Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa; (1) ) Kompetensi guru IPS dalam pedidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3
Kota Makassar kurang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh guru IPS masih kurang
memiliki wawasan dasar keilmuan tentang pendidikan lingkungan hidup. Di samping itu
juga, guru belum aktif dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan
materi pendidikan lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran IPS (2) Kendala-kendala
yang ditemukan dalam pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Kota
makassar yaitu berasal dari (a) guru, sarana, dan prasarana yang belum memadai, (b)
biaya penunjang pendidikan (c) metode pembelajaran, (d) guru IPS belum pernah
mendapat bimbingan dan pelatihan tentang materi pendidikan lingkungan hidup secara
khusus, (e) buku pembelajaran PLH sangat terbatas.


Keywords


Guru; kompotens;, Lingkungan Hidup; Pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, A. M., & Andriani, P. 2017. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA (Jurnal Pemikiran

Pendidikan), 23(2), 1-10.

Hamalik, O. 2009. Metode Evaluasi dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munthe, H. G. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi

Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal informatika, 4(2), 1-7.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Undang – undang no. 32. Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan

Hidup. Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup.


Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Environmental Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar

Jl.Bonto Langkasa Gunungsari Makassar 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang Prodi PKLH Lt.1,Indonesia

Email : uej@unm.ac.id, dan uej.pklhunm@gmail.com

Hp. +62 812-4283-204 (an. Nurlita Pertiwi) & +62 8563-605-097 (an. Muzaki)

ISSN : 2599-2902 (Online)

ISSN : 2598-6090 (Print)

UNM Environmental Journals is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UNM Environmental Journals Indexed by