PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENARI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 WATANSOPPENG KABUPATEN SOPPENG
(1) SMA Negeri 3 Watansoppeng
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M.S. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2010. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bisri, M. H. 2001. Manfaat Olah Tubuh bagi Seorang Penari. Semarang: Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni Vol 2 No. 3.
Dirjen Dikdasmen. 2003. Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi di SMA. Jakarta: Depdiknas.
Djaali & Pudji Muljono, 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika sebuah pengantar. Bandung: MSPI bekerja sama dengan The Ford Foundation dan Art .line.
Ghufron, A., Purbani, W., & Sumardiningsih, S. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pengembangan. Yogyakarta: Lemlit UNY.
Jaelani, A. K. 2013. Pengembangan Alat Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri di SMP. Tesis PPs UNM.
Jihad, A. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kasiyan. 2013. Konsep Pendidikan Seni. Yogyakarta: FBS UNY.
Kusnadi & Puspitorini. 2006. Pengembangan Model Penilaian Hasil belajar Seni Tari. Yogyakarta: FBS UNY.
Liana, C. 2011. Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMA Pekan Baru.
Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yokyakarta: Multi Pressindo.
Milner, M. D., Linn, R.L., Gronlund, N. E. 2009. Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Pearson Education Inc.
Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Popham, W.J. 1995. Classroom Assesment, What Teacher’s Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Cetakan Ketiga. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Puskur, Balitbang. 2003. Kurikulum Hasil Belajar. Rumpun Pelajaran Kesenian. Jakarta: Depdiknas.
Rahmah, S. 2014. Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Teori Tes Klasik di Subrayon 2 SMA Kabupaten Maros Tahun Pelajaran 2013/2014. Makassar: Tesis PPs UNM.
Rahmat, A. 2009. Super Teacher. Bandung: MQS Publishing.
Ruslan. 2009. “Validitas Isi”. Buletin Pa’biritta No. 10 Tahun VI September 2009. Makassar: LPMP Sulawesi Selatan.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta:APSI Pusat
Sedyawati, E. 2002. Pendidikan Seni: Tujuan dan Cakupan Isinya. Yogyakarta: Semiloka Perumpunan Keilmuan pada FBS UNY.
Setyaning, K. 2010. Model Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Yogyakarta: LPKM.
Soedarsono. 1978. Diktat Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: ASTI Yogyakarta.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyanto. 1999. Kerajinan Tangan dan Kesenian. Jakarta: Erlangga.
Sukardi, H.M. 2011. Evalusi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprananta, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Triana, D. D. 2006. Skala Pengukuran sebagai Alat Evaluasi dalam Menilai Tari Karya Mahasiswa. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni. Vol. VII No.2/Mei – Agustus.
Trianto, 2007. Model Pengembangan Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi. Jakarta: Pustaka Publisher.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widoyoko, E.P. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E.P. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidikan. Cetakan Keempat. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyaningsih, A. April 2011. Seni Tari. Artikel
Article Metrics
Abstract view : 1423 times | PDF view : 135 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.