OPTIMALISASI PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN MAMASA SULAWESI BARAT

Supriadi Torro(1*), Zainal Arifin(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk memperoleh gambaran pemenuhan Standar Pelayanan minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten Mamasa, dan 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pemenuhan Standar Pelayanan Minimal pendidikan Dasar di Kabupaten Mamasa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi tentang penyelenggaran pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) pada pendidikan dasar di Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan kriteria kepala sekolah, guru, staf diknas, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Gambaran pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan dasar (SPM-Dikdas) di Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat dengan 27 indikator pencapaian (IP) hanya IP-1, IP-5, IP-13 yang tingkat pencapaiannya hingga 100%, sedangkan yang lainnya masih terdapat gap atau kekurangan-kekurangan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 296 times | PDF view : 825 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.