MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH

A. Octamaya Tenri Awaru(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu solusi yang perlu ditempuh untuk membangun karakter anak-anak bangsa adalah melalui pendidikan multikultural. Pengenalan ideologi multikulturalisme sejak dini pada anak diharapkan mampu membangun karakter anak bangsa yang mengerti, menerima dan menghargai orang lain yang berbeda suku, budaya dan nilai kepribadian. Lewat penanaman semangat multikulturalisme di sekolah-sekolah, akan menjadi medium pelatihan dan penyadaran bagi generasi muda untuk menerima perbedaan budaya, agama, ras, etnis dan kebutuhan di antara sesama dan mau hidup bersama secara damai.Dalam penerapan disekolah pendidikan multikultural menggunakan empat pendekatan yaitu pendekatan kontribusi, pendekatan aditif, pendekatan transformatif dan pendekatan aksi sosial. Yang berpegang pada dimensi-dimensi pendidikan multikultural yaitu dimensi integrasi isi/materi (content integration), dimensi konstruksi pengetahuan (knowledge construction), dimensi pendidikan yang sama/adil (an equity paedagogy), dimensi pengurangan prasangka (prejudice reduction), dimensi pemberdayaan budaya sekolah dan stuktur sosial (Empowering school culture and social stucture.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3930 times | PDF view : 2348 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.