PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMP UNISMUH MAKASSAR

Usman Usman(1*), Herman Herman(2), A. Momang Yusuf(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(3) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.965

Abstract


This research is development research that aims to produce a performance assessment instrument of physics laboratory at SMP/MTs grade as well as the rubrics. In particular, the performance assessment instrument result was for assessing the performance of Physics laboratory Activity for Ohm's law experiment, series circuit and a parallel circuit experiment. The judgement results of the expert and practitioners in assessing the suitability between contents, construction, and languages of each items of the instrument showed that the instrument had been developed had met the criteria for validity and reliability. Simulation and test results also showed that the instrument had been legible and clearly incomprehensible by the user so that it could be used to assess the performance of student laboratory activities. The results of effectiveness test showed that; (1) data on the teachers response (peers) on the laboratory performance assessment (test of legibility) was of very good category; (2) the results of the use observation sheet of the instrumen by observer at least completedly done, (3) the data of laboratory Activities student performance score can be described according to the criteria assessed and, (4) the students respons towards the instrument (laboratory manual) was positive. Thus, we can conclude that the performance assessment instrument developed in this study had met the validtiy and reliability criteria and it could be used efficiently by the teacher in junior high of Unismuh Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kinerja praktikum Fisika tingkat SMP/MTs dan rubrik penskorannya. Secara khusus Intrumen penilaian kinerja yang dihasilkan adalah instrument kinerja praktikum Fisika untuk menilai kinerja praktikum  hukum Ohm, rangkaian seri, dan rangkaian parallel. Hasil penilaian pakar/ahli dan praktisi untuk menilai kesesuaian antar materi, konstruksi, dan bahasa pada setiap butir-butir instrumen penilaian menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Hasil simulasi dan uji keterbacaaan menunjukkan bahwa instrumen dapat terbaca dan terpahami dengan jelas oleh pemakai sehingga dapat digunakan untuk menilai kinerja praktikum peserta didik. Hasil uji kefektifan menunjukkan bahwa; (1) data tentang respon guru (teman sejawat) terhadap perangkat penilaian kinerja praktikum (uji keterbacaan) berada pada kategori sangat baik; (2) hasil lembar pengamatan penggunaan perangkat penilaian kinerja praktikum yang diisi oleh pengamat minimal terlaksana semua, (3) data nilai kinerja praktikum peserta didik dapat dideskripsikan sesuai dengan kriteria yang dinilai dan, (4) respon peserta didik terhadap terhadap perangkat pembelajaran (penuntun praktikum) positif. Dengan demikian maka instrumen penilaian kinerja Praktikum Fisika telah memenuhi kriteria valid dan reliabel dan dapat digunakan secara baik efeisien oleh guru di SMP Unismuh Makassar.

Kata Kunci:  perangkat penilaian kinerja, praktikum fisika


Full Text:

PDF (274 - 284)

References


Amrin, Muhammad. 2012. Pengembangan perangkat penilaian hasil belajar fisika berbasis kinerja pada SMP Negeri 1 Ulobongka Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis: PPs UNM Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Badan Standar Nasinal Pendidikan. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Borich, G. D. 1994. Observation Skills for Effectiv Teaching, Second Edition. New York: Macmillan Publishing Company

Depdikbud.1999. Penelitian Tindakan. Jakarta: Depdikbud.

Djaali dan Pujiono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas dan Realibilitas Suatu Instrumen Penelitian Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol 6 No. 1 Juni 2009

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Sudjana, Nana.1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Article Metrics

Abstract view : 919 times | PDF (274 - 284) view : 1585 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License