ANALISIS PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP KUALITAS BAHAN AJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN PINRANG

Nurhani Nurhani(1*),

(1) SMA Negeri 1 Pinrang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.961

Abstract


This is a descriptive study using survey which aims at describing the perception of teachers and students on Physies instructional materials used in class XI of senior high schools in Pinrang. The population was all Physics teachers and students in class XI science at SMAN in Pinrang. The samples comprised to 6 schools namely, SMAN 1 Pinrang, SMAN 2 Pinrang, SMAN 4 Pinrang, SMAN 6 Pinrang, SMAN 7 Pinrang, SMAN 11 Pinrang with the total number of 473 students. Data was collected using questionnaire and analyzed by employing manual calculation technique. The result of descriptive analysis indicates that the perception of teachers and students’ on the qualyty of Physics instructional materials used in class XI of SMAN in Pinrang 74,9%, which is classified in good category.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat survey yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi Guru dan peserta didik terhadap bahan ajar mata pelajaran Fisika kelas XI SMA yang digunakan di Kabupaten Pinrang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Fisika dan peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri kabupaten Pinrang, dan sampel terdiri 6 sekolah adalah SMA Negeri 1 Pinrang, SMA Negeri 2 Pinrang, SMA Negeri 4 Pinrang, SMA Negeri 6 Pinrang, SMA Negeri 7 Pinrang, SMA Negeri 11 Pinrang dengan jumlah peserta didik 473 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Tehnik analisa data menggunakan teknik perhitungan manual. Hasil analisa deskriptif menunjukkan bahwa: gambaran persepsi guru dan peserta didik terhadap kualitas bahan ajar Fisika kelas XI SMA yang digunakan di Kabupaten Pinrang menunjukkan persentase sebesar 74,9 % yang berada pada kategori “baik”.

Kata Kunci:  persepsi guru, peserta didik, buku ajar, LKPD

 


Full Text:

PDF (249 - 254)

References


Akhadiyah, Sobari. 1997. Menulis 1. Jakarta: Depdikbud.

Antony, Erieke Yuryevi. 2006. Kontribusi Pelatihan MGMP dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Tesis: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. (tidak dipublikasikan)

Daniyah, 2007. Pengaruh Keaktifan Guru Ekonomi Dalam MGMP Terhadap Kemampuan Mengelola Proses Belajar Mengajar DI SMA Se-Kabupaten Magelang. Skripsi: FE Universitas Negeri Semarang. (tidak dipublikasikan)

Depdiknas, 2004. Pedoman MGMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Dick, Walter dan Lou Carey. 1996. The Systematic Design of Instruction. New York: Longman

Hartini, Sri. 2006. Faktor-faktor Strategis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri Se-Salatiga. Surakarta. Tesis: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. (tidak dipublikasikan)

Karim, Mariana, 1980. Pemilihan Bahan Pengajaran. Jakarta: Penlok P3G

Mangkoesapoetra, Arif. 2004. Memberdayakan MGMP Sebuah Keniscayaan.

Mergel, 1998. Instructional Design and Learning Theory.(Online), (http/www. usask.ca/ education/ 802papers/ brenda/ mergel.html, diakses 12 Mei 2004).

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika.

Permendiknas No. 16 tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: Dharma Bhakti.

Permendiknas No.41 Tahun 2007, tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Dharma Bhakti.

Romiszowski. 1986. Developing Auto Instructional Materials. Philedelphia: Nicolas Publishing.

Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia

Soekamto, Toeti dan Udin Saripudin Winataputra. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: P2T Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi, 1989. Metodologi Research II, Yogyakarta: Andi Ofset

Tomlison, Brian (ed). 1998. Material Development in Language Teaching Cambridge: Cambridege University

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika.


Article Metrics

Abstract view : 505 times | PDF (249 - 254) view : 529 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License