PENGEMBANGAN PROGRAM SIMULASI BERBASIS KOMPUTER DALAM PERKULIAHAN GELOMBANG DAN OPTIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CALON GURU FISIKA

Pariabti Palloan(1*), Bunga Dara Amin(2), Herman Herman(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(3) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.960

Abstract


This research is aimed to produce computer simulation program and its supporting tools to enhance the concept understanding of physics teacher candidates. This research was a kind of a mixed method research design with experimental embedded. The research found that a) the validity of the mean value of 4.1 Learning Implementation Plan are included in the category of very high levels of validity with reliability 0.98, b) the average value of validity Student Activity Sheet 4.1 are included in the category of very high levels of validity with reliability 0.96, c) the mean value of validity assessment of science process skills 4.2 are included in the category of very high levels of validity with reliability 0.97 d) mean value of 4.2 validity of student teaching materials are included in the category of very high levels of validity reliability of 0.98. Conclusion of this research is supporting the implementation of the learning wave and optics subject with computer simulation program based that was developed to meet the criteria validity and reliability.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan program simulasi computer dan perangkat pendukungnya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika calon guru.  Penelitian ini merupakan suatu bentuk  mixed method  dengan desain penelitian embedded experimental.  Hasil penelitian ditemukan bahwa a) rerata nilai kevalidan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Buku ajar adalah 4,1 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,98; b) rerata nilai kevalidan Lembar Kegiatan Mahasiswa 4,1 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,96; c) rerata nilai kevalidan tes kemampuan pemahaman konsep fisika 4,2 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,97; d) rerata nilai kevalidan bahan ajar mahasiswa 4,2 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,98. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan menggunakan program simulasi computer untuk meningkatkan pemahaman konsep Mahasiswa memenuhi kriteria kevalidan dan reliabel.

Kata Kunci:  Program simulasi komputer, pemahaman konsep fisika

 


Full Text:

PDF (237 - 248)

References


Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers.

Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Genesindo.

Carin, A., & Sun,R.B. (1995). Teching Scinece Through Discovery. Columbus. Charles,E. Merril Publishing company. Abell & Howell Company.

Creswell. J. W., & Plano Clark,V.L. (2007). Designing and Conducting. Mixed Methods Research.London & New Delhi: Sage Publications.

Costa, A.L . (1985). Goals for a Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa A.L. (ed). Developing Mind : A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD: Alexandria, Virginia.

De Bono, E. (2007). Revolusi Berpikir. Bandung : Mizan Media Utama.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2004 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Depdiknas. (2005). Pengembangan Profesionalisme Guru IPA. Jakarta : Depdikbud. com.id

Eggen, Paul D., Kauchak. (1988). Strategies for Teacher Teaching Content and Thinking Skills. New Jersey : Prentice Hall.

Grounlund, Norman E. (1998). Assessment of Student Achievement Sixth Edition. Boston : Allyn and Bacon.

Grinnell,Jr., Richard M. (1988). Social Work Research and Evaluation. Thrid Edition. Illions : F.E. Peacock Publishers,Inc.

Harsanto, R. (2005). Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya : Unesa University Press.

Johnson, David W., Johnson, Roger T. (2002). Meaningfull Assesment. USA. : Allyn & Bacon.

Joyce, Bruce; Weil, Marsha; & Showers, B. (1992). Models of Teaching. Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Kem, Jerrold E. (1994). Designing Effective Instructional. New York : Macmillan College Publishing Company.

Lawson, A.E. (1979). 1980 AETS Yearbook The Psychology of Teaching for Thinking and Creativity. Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education : The Ohio State University College of Education.

Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Pendidikan IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lim, Lida. (1997). Assesmen Student Work. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Leonard, W. (2005)The Effectiveness of Portfolio Assessment in Science. Journal of College Scinece Teaching-appeared 2005 (1-18). Tim Slater’s Pre-print Publications.

Mahoney,.Michael, J. (2003).What is Contructivism?. http://hpsearch.Uni trier.de/ hp/ atree/ h/ Haken : Herman.html

McGregor,D. (2007). Developing Thinking; Developing Learning A Guide to Thinking Skill in Education. Enggland . Mc Graw Hill.

Nur, M. (2002). Assesmen Komprehensif dan Berkelanjutan. Surabaya : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan UNESA.

Nurdin. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognisi Dalam Penguasaan Bahan Ajar. Disertasi tidak dupuklikasikan. Pasca UNESA Surabaya.

Nur,M. (1989). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dalam Rangka Pendidikan di Sekolah. Laporan Studi Kebijakan Direktorat Pendidikan Menengah Umum Melalui Proyek Peningkatan Alat-alat IPA dan PKG, Jakarta

O’Malley,J.M., & Pierce,L.V. (1996). Authentic assessment for English Language Learners : Practical approaches for teachers. New York : Addison-Wesley Publishing Company.

Paulson,F Leon, Pasrl R & Meyer, Carol A. (1991). What Makes a Portfolio? Eight thoughtful

Risnanosanti. (1999). Penerapan Model Pembelajaran Portofolio di SMU Kelas I. Tesis. PPS Universitas Negeri Surabaya.

Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pres.

Semiawan, C. (1989). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.

Sinaga, Borno. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika berdasarkan Budaya Batak. Disertasi tidak dipublikasikan. Pasca Unesa Surabaya.

Suraprata, S., Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya Bandung.

Sudiarta,P (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open-Ended Berbantuan LKM untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 39 Nomor 2 April 2006. Singaraja: UNDIKSHA.

Sugiarto (2004). E-Learning Merupakan Inovasi Pembelajaran Fisika. Download 20 Juli 2010. Wordpress.com.

Resnick, M., Myers, B., Nakakoji, K., Pausch, R., Selker, T.,& Eisenberg, M. (1987). Design Principle for Tools to Support Creative Thinking. http://www.rcsb.or/pdb/. Download tanggal 28 Oktober 2009.

Tawil, M. (2007). Studi Hubungan Antara Asesmen-diri Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sungguminasa.. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.

Tawil, M., Bunga Dara, Aisyah (2009 , 2010). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Laporan Penelitian Tahun I dan II. Tidak dipublikasikan.

Tuckman, B. W. 1972. Conducting Educational Research. New York : Marcourt Brace Jovanovish, Inc.

Treffinger, D.J., Isaken, S.G., and Firestien, R.L. (1982). Theoretical Perspectives on Creative Learning and its Facilitation : an Overview. The Journal of Creative Behavior. 17(1).

Webb,L., Norman. (1992). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning: Assessment of Students Knowledge of Mathematics: Steps Toward a Theory. New York: Macmillan Publishing Company.


Article Metrics

Abstract view : 587 times | PDF (237 - 248) view : 574 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License