PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 1 PANGKAJENE

S A Suharman(1*), Pariabti Palloan(2), Eko Hadi Sujiono(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i2.952

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Pangkajene tahun ajaran 2010/2011 yang diajar dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pendekatan PAKEM sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar sebagai variabel respon, adapun desain penelitiannya adalah “  pre-test and post-test group ”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri atas 288 orang. Sedangkan sampelnya adalah 32 orang yang diambil dengan memilih satu kelas secara acak dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif ditemukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada posttest lebih besar dibandingkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada pretest. Peningkatan hasil belajar yang terjadi berada pada kategori sedang  (medium gain) dengan <g> = 0,48. Berdasarkan hasil pengujian statistik inferensial thitung > ttabel (15,866 >1,698), hal ini berarti bahwa hasil belajar fisika siswa setelah diajar melalui pendekatan PAKEM berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar mereka sebelum diajar melalui pendekatan PAKEM.

Kata kunci  : hasil belajar, pendekatan PAKEM


Full Text:

PDF

References


Anwar Fuady. 2008. Pembelajaran PAKEM II. http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2008/11/05/pembelajaran-pakem-i/, akses 8 maret 2010.

Dymyati, DR. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Aneka Cipta.

Indrawati dan Setiawan, Wawan. 2009. Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Natsir, Muhammad. Strategi Pembelajaran Fisika. 2004. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Savinainen, A. and P. Scott. 2002. The Force Concept Inventory: a tool for mentoring student learning. Phys. Educ. 37(1), 45-52.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono Koes H. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.

Yherlanti. 2009. Miskonsepsi dan Misaplikasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. http://yherlanti.wordpress.com/madrasah/, akses 23 april 2010.

Zuchdi, Darmiyati.. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 1052 times | PDF view : 292 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License