HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MAKASSAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Hasan Hasan(1*), Pariabti Palloan(2), Muhammad Sidin Ali(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i2.949

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan dasar matematika siswa, motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika siswa serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan dasar matematika siswa dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan pengambilan sampel pengacakan.

Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor pengetahuan dasar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makasar  berada pada kategori tinggi, skor motivasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan tingkat hubungan positif yang signifikan antara variabel bebas dan variabel tak bebas baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama

 

Kata kunci : Penelitian ex-post facto, motivasi belajar fisika, hasil belajar fisika, statistik deskriptif, statistik inferensial.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Arief. 2008. Memahami Berpikir Kritis. Diakses Pada Tanggal 3 Maret 2009.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Darnawati. 2009. Peranan Pendekatan Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Makassar.

Machfud, Anwar. 1985. Pokok-Pokok Logika Tradisional. Riva Bersaudara. Jakarta.

Naima. 2002. Peranan Penggunaan LKS Modifikasi Dalam Kegiatan Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SLTP Negeri 1 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuanAlam UNM. Makassar.

Nandang, S. 1982. Tanya Jawab Logika. Armico. Bandung.

Padiya. 2008. Model Pembelajaran Generatif (MPG). http://anwarholil.blogspot.com/2008/04/pembelajaran-generatif-mpg.html. Diakses pada tanggal 3 Maret 2009.

Sutarman dan Suwasono, P. 2003. Implementasi Pembelajaran Generatif Berbasis Konstruktivisme Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas III pada Bidang Fisika di SLTP 17 Malang. Malang: Lemlit-UM.

Sadiman, dkk. 2002. Media Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Wena, made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 734 times | PDF view : 437 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License