IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI USAHA, GAYA DAN ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MALANGKE BARAT

Hasim Wahid`(1*), Nasrul Ihsan(2),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.944

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian “ex post facto” yang bersifat deskriptif mengenai Identifikasi konsepsi pada konsep-konsep Usaha, Gaya dan Energi dengan menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Sampel yang diambil berjumlah 96 dari 123 siswa kelas VIII SMPN 1 Malangke Barat dengan menggunakan teknik proportionate random sampling  . Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal pilihan ganda sebanyak 22 soal yang telah terseleksi melalui uji validitas. Siswa menjawab soal tersebut disertai dengan pembubuhan angka CRI (0-5) sesuai dengan tingkat kepercayaan siswa. Siswa dapat dinyatakan mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa paling cenderung mengalami miskonsepsi pada konsep pengaruh gaya gravitasi terhadap kecepatan benda yang massanya berbeda namun keduanya jatuh bebas (84%) dengan CRIS 4,2 dan fb 0,12. Konsep-konsep yang lain pada umumnya juga mengalami miskonsepsi namun tidak sebesar konsep di atas.

Kata kunci: Miskonsepsi, Usaha,Gaya dan Energi, CRI (Certainty of Response Index)


Full Text:

PDF

References


Alexander Sihite, 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meminimalkan Miskonsepsi Siswa untuk Mata Pelajaran Fisika. Padang : Sekolah SMP Swasta Santu Fransiskus.

Giancoli, D. C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid I. Jakarta : Erlangga.

I Putu Eka Wilantara, 2003. Implementasi Model Belajar Konstruktivis Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Penalaran Formal Siswa. Tersedia pada www.damandiri.or.id/file/iputuekaikipsingbab2.pdf. diakses pada tanggal 16 Maret 2010.

Jumriani, 2006. Identifikasi Miskonsepsi Fisika Unit Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Makassar. Makassar : Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Liek Wilarjo. 1998. Secercah Pandangan tentang Sains. Yogyakarta : Kanisius.

Novak, J.D and Bob Gowin. 1985. Learning How to Learn. Cambridge University Press.

Ratna Wilis Dahar, 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Saeful Karim, dkk. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.

Saleem Hasan, D. Bagayoko, and E. L. Kelley. 1999 .Misconceptions and

The Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ. 34(5), pp. 294-299

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, S.J. 1998. Miskonsepsi (Konsep Alternatif) Siswa SMU dalam Bidang Fisika. Yogyakarta : Kanisius.

Van Heuvelen, A., 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: UKSW

Winny Liliawaty dan Taufik Ramlan Ramalis. 2009. Profil Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan menggunakan CRI (Certainty of response index). Tersedia pada http://www.fpmipa.upi.edu/v3/.../Jurnal%20WINNY%20FISIKA%20(miskonsepsi.pdf). Diakses pada tanggal 16 Maret 2010.

Wospakrik, Hans. J. Dasar-Dasar Matematika untuk Fisika. Bandung : ITB.

Yohanes Surya. 1997. Olimpiade Fisika. Jakarta : Primatika Cipta Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 7206 times | PDF view : 2713 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License