ANALISIS BELAJAR MANDIRI MAHASISWA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER (ANALISIS PENERAPAN KKNI DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER)

Ishaq Ishaq(1*), Salwa Rufaidah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9412

Abstract


Berdasarkan hasil analisis capaian pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah aplikasi komputer sesuai hasil revitalisasi kurikulum, ditemukan ketidaksesuaian materi ajar serta tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sesuai dengan sitematika yang dituliskan dalam RPS. Terlihat pula hasil evaluasi pembelajaran yang belum maksimal, proses pembelajaran yang tidak interaktif, serta tidak terlihat kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran sebagai sebuah proses pendidikan selalu mengupayakan terciptanya pembelajaran yang bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah memberikan kesempatan belajar mandiri dengan tugas terstruktur.
Dari hasil analisis data penelitian, ditunjukkan bahwa pada saat diterapkan metode pembelajaran pertama, yaitu pembelajaran yang diawali dengan pemberian kajian teoritis dalam bentuk tatap muka, kemudian pemberian tugas terstruktur, mahasiswa melaksanakan pembelajaran mandiri, mengerjakan tugas, melakukan kegiatan praktik pada pertemuan selanjutnya, dan diakhiri dengan kajian teori untuk pertemuan selanjutnya. Adapun perlakuan berbeda dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran kedua, yaitu mengawali pembelajaran dengan pemberian kajian teoritis, melakukan kegiatan praktik, pemberian tugas, belajar mandiri, dan mengerjakan tugas. Perbedaan penerapan metode pembelajaran tersebut memperlihatkan perbedaan perolehan skor rata-rata, dimana mahasiswa yang melaksanakan metode pembelajaran pertama memperoleh skor rata-rata sebesar 70,15 dan mahasiswa yang melaksanakan metode pembelajaran kedua memperoleh skor rata-rata sebesar 60,05. Penelitian ini menghasilkan luaran berupa prototipe metode pembelajaran tugas terstruktur yang menjamin terlaksananya pembelajaran efektif dan efisien dalam kelas, baik pada saat mahasiswa melaksanakan pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok yang dapat menjadi tolok ukur capaian pembelajaran yang telah ditetapkan sesuai dengan RPS.

Full Text:

PDF

References


Bahri, syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.

Baumgartner, L. M. (2003). Self-directed learning: A goal, process, and personal attribute. In L. Baumgartner (Ed.), Adult learning theory: A primer, (pp. 23-28). Columbus, OH: Center on Education and Training for Employment. http://cete.org/acve/ majorpubs.asp

Blazer, C. 2009. Literature Review Homework. Research Services, Office of Assessment, Research, and Data Analysis. Miami-Dade County Public Schools.

Carbone II, S.A. 2009. The Value of Homework: Is Homework an Important Tool for Learning in the Classroom?. Student Pulse Journal Vol. 1 No. 12. Tersedia di http://www.studentpulse.com/ Diakses 19 Agustus 2012.

Sabriani, Sitti. 2012. Penerapan Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik pada Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom Kelas X6 SMA Negeri 3 Watampone). Vol 13, No 2 (2012). http://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/view/625

Gibbons, M. (2002). The self-directed learning handbook: Challenging adolescent students to excel. San Francisco, CA: Jossey-Bass

Good, T. and J. Brophy. 2003. Looking in Classroom. 9th ed. Allyn and Bacon, Boston

Grieve, K. (2003). Supporting learning, supporting change: A research project on self-management & self-direction. Toronto: Ontario Literacy Coalition. http://www.on.literacy.ca/research/ smsdfld/smsd_fld.pdf.

Hill, S., S. Spencer, R. Alston, and J. Fitzgerald. (1986). Homework policies in the schools. Education 107(1):58.

Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching Learning. MLC. Bandung.

Merriam, S., & Caffarella, R.S. (1999). Learning in Adulthood. San Fransisco: Jossey Bass.


Article Metrics

Abstract view : 1320 times | PDF view : 170 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License