KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

Muhammad Agus Martawijaya, Jayanti Jabir, Aisyah Azis

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral peserta didik dalam memecahkan masalah fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Luwu, sebanyak 8 peserta didik. Untuk melihat kemampuan berpikir lateral peserta didik peneliti menggunakan instrumen tes berbasis masalah fisika. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan tes untuk melihat jawaban peserta didik kemudian melakukan wawancara untuk menggali informasi lebih lanjut guna mengetahui proses berpikir peserta didik. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan mereduksi dan mendisplay data sehingga menghasilkan pola berpikir lateral yang disajikan dalam bentuk bagan. Adapun indikator yang menjadi acuan berpikir lateral adalah apabila ada perubahan konsep atau persepsi peserta didik terhadap masalah yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu berpikir lateral dalam memecahkan masalah fisika. Adapun saran yang diajukan peneliti adalah perlunya untuk memberikan soal-soal fisika bersifat lateral kepada peserta didik untuk merangsang proses berpikirnya.

Full Text:

PDF

References


Akhmat, Hidayatno. 2013. Berpikir Sistem Pola Berpikir Untuk Memahami Masalah yang Lebih Baik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Anonim. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Permutasi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

De Bono, E. 1971. Lateral thinking for management; a handbook of creativity. New York,:American Management Association.

De Bono, E. 1994. De Bono's thinking course. New York: Facts On File.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Gregory, RJ. 2014. Psychologi Testing History, Principle, and Aplications Seven Edition. New York: Facts On File.

Jabir, jayanti. 2018. Kemampuan Berpikir Lateral Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Fisika di MAN Luwu. makassar: Universitas Negeri Makassar.

N Priatna. 2018. Developing Geogebra-assisted Reciprocal Teaching Strategy to Improve Junior High School Students

Abstraction Ability, Lateral Thinking And Mathematical Presistence. IOP conf. Series: Journal of Physics 1013 (2018) 012142.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9408

Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id