KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 24 BONE

Fauziah Thahir(1*), Herman Herman(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9407

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran fisika di SMA Negeri 24 Bone dengan subjek yaitu sebanyak dua orang guru fisika. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh bahwa RPP yang dikembangkan oleh guru tidak menyeluruh mencakup untuk keseluruhan komponen-komponen RPP, LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak mencirikan untuk lembar kerja untuk mendukung kegiatan saintifik, lembar evaluasi yang dikembangkan guru tidak pernah di terapkan dikelas saat proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah tidak sesuai dengan apa yang tercantum pada RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mencoba, mengasosiasi / menalar, dan mengkomunikasikan 5M.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta Gava Media.

Imas, Kurniasih  Sani, Berlin. 2014. Implenetasi Kurikulum 2013 konsep  penerapan. Surabaya Kata Pena.

Kemendikbud, 2013. Jurnal Lampiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Konsep Pendekatan Saintifik.

Kemendikbud, 2016. Jurnal Lampiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dasar Menengah

Majid, Abdul dan Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R  D. Bandung Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 405 times | PDF view : 146 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License