ANALISIS KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I MAKASSAR

Sulastiani Sulastiani(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Aslim Kauseng(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universiatas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i3.920

Abstract


Abstract:

Analysis of Process Skill of 8th Grade Students in SMP Negeri I Makassar through Experiment Methods within Physics Learning. This study is a pre-experimental study aimed to obtain the skills of the students of class VIII SMPN 1 Makassar after being taught using the experimental method within physics learning. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 1 Makassar. The sample was class VIII-5. The design used in this study is the design of One-Shot Case Study Design. Based on the analysis of datas it can be concluded that in general the process skills students of class VIII SMPN 1 Makassar are at high criteria after being taught through the experimental method. From the aspect of the skills process under study, the skills of students class VIII SMPN 1 Makassar in classifying are at very high criteria, communication skill and concluding skill are both at high criteria.

Abstrak:

Analisis Keterampilan Proses Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran keterampilan proses siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar setelah diajar dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Sampel penelitian adalah kelas VIII-5. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain One-Shot Case Study Design. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara umum keterampilan proses siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar berada pada kriteria tinggi setelah diajar melalui metode eksperimen. Dari aspek keterampilan proses yang diteliti, keterampilan siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar dalam mengklasifikasikan berada pada kriteria sangat tinggi, keterampilan mengkomunikasikan dan keterampilan menyimpulkan keduanya berada pada kriteria tinggi.

Kata kunci: keterampilan proses, metode eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Amien, M. 1987. Mengajarkan Ilmu pengetahuan (IPA) dengan menggunakan Metode ”Discovery dan Inkuiri”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Azhar, L.M., 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Anna Permasari. 2003 Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Eksperimen Pada bahan Kajian Larutan untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains siswa SMU, Laporan Penelitian DUE-like, FPMIPA-UPI.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik (dalam Interaksi Edukatif). Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Depdikbud.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Konstektual. Semarang: Rasail Media Group.

Nasution, Noehi, dkk. 2007. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Roestiyah, N.K., 1998. Didaktik Metodik. Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, M.U., 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 482 times | PDF view : 711 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License