PENERAPAN METODE QUESTION BASED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 21 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i1.6328
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menerapkan metode question based discovery terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMAN 21 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan dimensi metode question based discovery dan konvensional, sedangkan variable terikatnya adalah keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 21 Makassar sebanyak 8 kelas. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil posttes keterampilan proses sains berupa posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan proses sains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 31.5 dan 21.9. Hasil analisis inferensial bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik antara yang diajar dengan metode question based discovery dengan yang diajar secara konvensional pada taraf signifikansi .
Kata kunci : Discovery, question based discovery, keterampilan proses sains
Full Text:
PDF 1-5References
Arikunto, S. (2003). Dasar Dasat Evalusai. Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D . Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta..
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Article Metrics
Abstract view : 375 times | PDF 1-5 view : 123 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License