PENERAPAN METODE QUESTION BASED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 21 MAKASSAR

Usman Usman
Sri Wahyuni
Ahmad Yani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk menerapkan metode question based discovery terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMAN  21 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan dimensi metode  question based discovery dan konvensional, sedangkan variable terikatnya adalah keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 21 Makassar sebanyak 8 kelas. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil posttes keterampilan proses sains berupa posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan proses sains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 31.5 dan 21.9. Hasil analisis inferensial  bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik antara yang diajar dengan metode question based discovery dengan yang diajar secara konvensional pada taraf signifikansi .

 

Kata kunci : Discovery, question based discovery, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF 1-5

References


Arikunto, S. (2003). Dasar Dasat Evalusai. Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D . Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta..

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF 1-5 - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id