ANALISIS MINERAL DAN UJI SIFAT MAGNETIK DAERAH PANAS BUMI DI DESA PENCONG, GOWA

Fitrah Rizkika(1*), Pariabti Palloan(2),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i1.6326

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang analisis mineral dan uji sifat magnetik daerah panas bumi dengan Metode EDS-XRD dan metode magnetik di Desa Pencong, Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat magnetik sesuai jenis mineral yang dominan pada sedimen tanah di daerah panas bumi Pencong Gowa. Pengujian sampel menggunakan EDS dan XRD. Proses dimulai dengan mengambil sampel tanah pada daerah permandian air panas Pencong dari 8 titik yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil uji EDS dapat dilihat bahwa komposisi kimia (oksida) yang paling tinggi dari kedelapan sampel adalah SiO2 sedangkan pengujian XRD dapat dilihat bahwa komposisi mineral untuk sampel 1 sampel sampel 8 masing- masing didominasi oleh mineral Pottasium, mineral Sanidine, mineral Paragonite, mineral Pottasium, mineral Augite, mineral Sanidine, mineral Sanidine, dan mineral Kaolinite. Secara keseluruhan daerah penyilidikan lebih didominasi oleh mineral Sanidine. Berdasarkan interpretasi data magnetik, pada lapisan pertama sebagai lapisan penutup ditemukan sebagian besar mineral dari hasil analis EDS-XRD yang pada umumnya ditemukan dalam komposisi batuan piroklastik yang cenderung bersifat diamagnetik. Sehingga mineral SiO2 dan sanidine dominan bersifat diamagnetik.

 

Kata kunci : Mineral, Sifat Magnetik, EDS dan XRD


Full Text:

PDF 89-97

References


DESDM. 2012 Laporan penyelidikan geologi terpadu daerah Kabupaten Gowa propinsi Sulawesi Selatan; bidang geologi dan sumber daya mineral; Kantor Wilayah Departemen Pertambangan dan Energi Propinsi Sulawesi Selatan, Makassar

Damar. 2013. Permandian Air Panas Gucci Tegal. p=32.

Hadriani. 2016. Identifikasi Mineral Daerah Panas Bumi dengan Metode SEM dan XRD pada Daerah XY. Makassar: Universitas Negeri Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Muspayanti. 2016. Pendugaan Struktur Bawah Permukaan tanah Dengan Menggunakan Metode Magnetik. Makassar: Universitas Negeri Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Telford, L. G. (1990). Applied Geophysics. New York: Cambridge.


Article Metrics

Abstract view : 823 times | PDF 89-97 view : 539 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License