PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 TINAMBUNG

Nurfadia Adlina(1*), Helmi Abdullah(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i1.6319

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar dalam pembelajaran fisika antara peserta didik yang diajar melalui strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review  dan  yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar dalam pembelajaran fisika antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar tahun ajaran 2016/2017 dan sampel penelitian ini adalah peserta didik dari kelas XC dan kelas XD. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan bepikir kreatif pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol pada kategori rendah dan hasil belajar fisika pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi demikian halnya pada kelas kontrol berada pada kategori tinggi. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional pada taraf nyata α = 0,05.

 

Kata kunci : Strategi pembelajaran PQ4R, kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika

Full Text:

PDF 40-45

References


Aryana, I. B. P. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. IKIP Negeri Singaraja, 3(6).

Hidayah, N., Waluyo, J., & Hariani, S. A. 2015. Penerapan Pendekatan Paikem Dengan Strategi PQ4R Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 MAN Genteng Banyuwangi. Surabaya: FKIP UNEJ.

Nur, Muhammad. 2005. Strategi-strategi Belajar. Surabaya : UNESA – UNIVERSITY PRESS Kampus UNESA

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Supinah, Roslani. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jakarta : UIN syarif Hidayatullah Jakarta.

Wahyuningdyah, H., Hasanah, R., & Fisika, J. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi Dengan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kalor di Kelas X SMA Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 450 times | PDF 40-45 view : 176 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License