PERANAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 POLEWALI

Nurmayani J Said
Muhammad Aqil Rusli

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik  dalam pembelajaran fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan  yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Polewali Kabupaten Polewali Mandar tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian terdiri terdiri dari dua kelas dipilih secara acak. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa keterampilan proses sains pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol pada kategori rendah. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada taraf nyata α = 0,05.

 

Kata kunci : Inkuiri terbimbing, keterampilan proses  sains

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, Wiwin., Santosa, Slamet., Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 5, No. 1.

Listyaningrum, Rahmawati Ika., Sajidan., suciati. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.4, No.1

National Research Council. 2001. Inquiry and the National Science Education Standards. Washington, D.C : National Academy of Science.

Neka, I Ketut., Marhaeni, A.A.I.N., Suastra, I Wayan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.5.

Nopitasari, Anggun., Indrowati, Meti., & Santosa, Slamet. 2012. Pengaruh Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi., Vol.4, No.3.

Ong Ai-Choo & Gary D.Borich. 2006. Teaching Strategies That promote Thinking: Models and Curiculum Approaches. Asia : McGraw-Hill Education.

Spiegel, Murray R.,Schiller, John., Srinivasan, R Alu. 2004. Probability dan Statistik. Jakarta Erlangga.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik NonParametrik. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tawil, M & Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makassar: Badan penerbit UNM.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatf Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudin, & Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-124


Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id