PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERWAWASAN LINGKUNGAN BANTARAN SUNGAI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN 5M

Muhammad Arifuddin
Abdul Salam M
Shofa Mawaddah

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah dihasilkannya bahan ajar berwawasan lingkungan bantaran sungai yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan kemampuan 5M peserta didik. Pengembangan bahan ajar dilaksanakan di kampus FKIP ULM dan diimplementasikan di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil ujicoba dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan rumusan pertanyaan penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berwawasan lingkungan bantaran sungai yang dikembangkan dinyatakan (1) valid berdasarkan penilaian validator dengan kategori baik, (2) praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik, dan (3) efektif berdasarkan perolehan gain score sebesar 0,66 dengan kategori sedang.

Kata kunci: bahan ajar fisika, lingkungan bantaran sungai, kemampuan 5M

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, P., Soegimin, & Supardi, Z.A.I. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains 4(2), 636-647.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction, 7th edition. New Jersey: Pearson.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. 8th edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand student survey of Mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of physics, 66(1), 64-74.

Ibrahim, M. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Istiani, R.M. & Retnoningsih, A. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”. Unnes Journal of Biology Education 4(1), 70-80.

Juairiah, Yunus, Y., dan Djufri. 2014. Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Keanekaragaman Spermattophyta. Jurnal Biologi Edukasi, 6(2): 83-88.

Keselman, A. 2003. Supporting Inquiry Learning by Promoting Normative Understanding of Multivariable Causality. Journal of Research in Science Teaching, 40 (9): 898-921.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L., de Jong, T., Van Riesen, S., Kamp, E., Manoli, C.C., Zacharia, Z.C., & Tsourlidaki, E. 2015. Phases of Inquiry-Based Learning: Definitions and the Inquiry Cycle. Educational Research

Review, 14,47–61.

Pemendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Rönnebeck, S., Bernholt, S., & Ropohl, M. 2016. Searching for a common ground—a literature review of empirical research on scientific inquiry activities. Studies in Science Education, 52(2), 161–197.

Salam M., A., Miriam, S., Arifuddin, M., dan Ihsan, I.N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Makalah prosiding. Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016. Banjarmasin, pp: 684-688.

Salam M., A., Miriam, S., & Misbah. 2017. Teaching Problem Solving Skills Through Learner Autonomy Based Learning and Local Wisdom Insight. Paper Proceeding. 1st International Conference on Social Science Education (ICSSE). FKIP ULM Banjarmasin.

Salam M., A. Prabowo, Supardi, ZAI. 2015. Pengembangan perangkat perkuliahan inovatif berdasarkan tingkat otonomi pebelajar pada perkuliahan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4 (22): 547-556

Widoyoko, E.P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id