PENGARUH MEDIA MODEL HYBRID BERBASIS WEB WHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Ahmad Yani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v13i3.6191

Abstract


Penelitian ini Pengaruh media hybrid berbasis web ehanced course terhadap hasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Parepare 2017/2018. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan Static-Group Comparison. Data hasil penelitian diolah secara deskriptip dan infrensial, Data dari kelas eksperimen rata-rata 11,76 dan berada pada ketegori sedang sedangkan kelas kontrol 9,78 dan juga pada kategori sedang. Hasil inferensial diperoleh thitiung = 3,68 dan ttabel = 1,99 atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang meyakinkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kuci: media hybrid, web enchanced course, hasil belajar Fisika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi dan Penelitan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Borg, W. a. G. M. 1983. Educational Researh: An Introduction. London: Longman, Inc.

Cennamo, Katherine., J. Ross, dan C. Rogers. 2002. Evolution of A Web-Enhanced Course: Incor-porating Strategies For Self-Regulation.

Educause Quarterly. 25.1 (2002): 28-33.

Deejring, Kwanjai. 2014. The Design of Web-Based Learning Model Using Collaborative Learning Techniques and A Scaffolding System to Enhance Learners Competency In Higher Edu-cation. Procedia - Social and

Behavioral Sciences 116 ( 2014 ) 436 – 441.

Depdiknas. 2008. Blue Print ICT untuk Pendidikan. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Driver, Michaela. 2001. Exploring Student Perceptions of Group Interaction And Class Satisfaction In The Web-Enhanced Classroom. Internet and Higher Education 5 (2002) 35–45.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kapon, Shulamit, dkk. 2011. Utilizing Public Scientific Web Lectures to Teach Contemporary Physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 7, 020108 (2011).

at the high school level: A case study of learning

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Nickchen, Daniel dan Bärbel Mertsching. 2016. Combining Mathematical Revision Courses With Hands-On Approaches For Engineering Education Using Web-Based Interactive Multimedia Applications. Procedia - Social and Behavioral Sciences 228 (2016 ) 482 – 488.

Pasadena City College. 2013. About Web-Enhanced Courses. Online. http://online.pasadena.edu. Diakses pada tanggal 11 Juli 2016.

Prayitno, Whendie. 2015. Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Widyaiswara LPMP: Yogyakarta.

Qingsong, Lin. 2012. The Application of Multimedia Technology in Web. Physics Procedia 33 (2012) 1553 – 1557.

Rahman, Syaiful. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajar-an Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Produktif di SMK. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadaghiani, Homeyra R. 2011. Using Multimedia Learning Modules In A Hybrid-Online Course In Electricity and Magnetism. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 7, 010102 (2011).

Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian Pengem-bangan, dan Pemanfa-atannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Schmidt, Klauss. 2002. The Web-Enhanced Classroom. Journal of Industrial Technology 18(2): 2.

Slameto. 2010. Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses dan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syukur, Fatah. 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail.

Tiro, M. A., 2008. Dasar-dasar Statistika. 3nd ed. Makassar: Andira Publisher Makassar.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wingard, Robin. 2004. Classroom Teaching Changes in Web-Enhanced Courses: A Multi-Institutional Study. Educause Quarterly. 27.1 (2004).

Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.


Article Metrics

Abstract view : 544 times | PDF view : 272 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License