Peranan Pembelajaran Fisika Berbasis Experiential terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Musdalifa Amir

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran fisika berrbasis experiential terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA di SMAN 9 Pinrang. Penelitian ini merupakan lanjutan dari pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis experiential meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan bahan ajar pada materi Fluida Statis yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan disain penelitian The Randomized Posttest-Only Control Group Design Fraenkel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik rambang sederhana. Data yang diperoleh melalui tes hasil belajar fisika dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Sudjana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dan kelas kontrol berada  pada kategori cukup. Deskripsi utuh hasil analisis deskriptif digambarkan dalam diagram lingkaran sesuai dengan pengkategorian yang diadaptasi dari Riduwan. Hasil analisis inferensial diperoleh melalui uji prsayarat dan uji hipotesis. Uji prasayarat menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel  maka Ho ditolak dan Ha teruji. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis experiential dan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : pembelajaran fisika, pembelajaran berbasis experiential, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anggara, A. & Komang, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential terhadap Konsep Diri dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPA Pascasarjana Undiksha, Vol.2, No.1.

Aryanta, I K D. 2011. Pengaruh Pembelajaran Experiential dan Gaya Kognitif Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Kalor dan Pemuaian. Tesis. (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Coulson, D & Marina H. 2013. Scaffolding Student Reflection for Experience-Based-Learning. Journal of Teaching in Higher Education, vol.18, no.4, pp. 401-403.

Fraenkel, R Jack dan Wallen, E Norman. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Higher Education

Healey, M & Jenkins, A. 2010. Kolb’s Experiential Learning Theory and Its Application in Geography in Higher Education. Journal of Geography, 99, pp.185-195.

Muliana. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan Pengetahuan Awal terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik di MAN Model Makassar. Tesis. (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar

Reigeluth, M. C., & A. A. Carrr-Cheliman. 2009. Instructional-Design Theories and Models Volume III. Routledge. New York and London

Riduwan, 2010. Metode dan Teknis Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

T. Wahyuni. 2015. Model Pembelajaran Experiential Kolb dengan Visualisasi Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Kuliah Fisika Dasar Listrik. Proceedings semnasIF, November 2015.

Wurdinger, S. D., & Julie A. C. 2010. Teaching for Experiential Learning: five approaches that work. New York: R & L Education


Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id