PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING MATERI GERAK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BULUKUMBA

Rostina Rostina(1*), Ahmad Yani(2),

(1) SMP Negeri 1 Bulukumba
(2) Universitas Negeri Makassar, Prodi Pendidikan Fisika PPs UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i3.3054

Abstract


This study included research and development (research and development) based on guided discovery that aims to determine: (1) profile learning device physics-based guided discovery are valid, (2) an assessment practitioners / teachers to the learning device physics-based guided discovery have been developed, ( 3) the response of students to use learning device physics-based guided discovery have been developed, (4) how much the result of studying physics using guided discovery-based learning tools in class VII students of SMPN 1 Bulukumba the academic year 2015/2016. The result of the development of the learning device physics-based guided discovery material movement for students of class VII SMPN 1 Bulukumba that meet validity, practicality, and effectiveness, shows that (1) the process of software development model of R2D2 includes six phases, material analysis, requirements analysis, the structure of matter , prototypes, research, and testing. (2) Based on the results of validation experts, learning tools which have been developed are Subjects of Students (BAPD), Implementation Plan eLearning (RPP), Activity Sheet Students (LKPD), and test results for Learning (THB) has valid criteria, practical, and effective. (3) Keterlaksanaan learning device in the category entirely implemented, (4) Ratings RPP teachers to the average percentage of 96.00%, BAPD average percentage of 96.00%, LKPD average percentage of 90.00%, the learning process the average percentage of 97.50%, so overall are in good category (5) the response of students to the learning device generated 88.21% are in a very positive interpretation, (6) Analysis of the results of the completed study 28 and 4 participants students are not complete. The maximum score is of 100, a minimum score is of 63 with an average of 85. Based on the analysis of validity, practicality, and effectiveness of the above then the resulting device unfit for use.

Keywords: guided-discovery, learning tools

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) berbasis penemuan terbimbing yang bertujuan untuk mengetahui: (1)profil perangkat pembelajaran fisika berbasis penemuan terbimbing yang valid, (2)penilaian praktisi/guru terhadap perangkat pembelajaran fisika berbasis penemuan terbimbing yang telah dikembangkan, (3)respon peserta didik terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis penemuan terbimbing yang telah dikembangkan,  (4)seberapa besar hasil belajar fisika menggunakan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis penemuan terbimbing materi gerak untuk peserta didik kelas VII SMPN 1 Bulukumba yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, menunjukkan bahwa (1)proses pengembangan perangkat model R2D2 meliputi enam tahap yaitu, analisis materi, analisis kebutuhan, struktur materi, prototipe, telaah, dan ujicoba. (2)Berdasarkan hasil validasi para ahli, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajatan (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD),  dan Tes Hasil Belajar (THB) telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. (3)Keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (4) Penilaian guru terhadap RPP rata-rata persentase 96,00%,  BAPD rata-rata persentase 96,00%, LKPD rata-rata persentase 90,00%, Proses pembelajaran rata-rata persentase 97,50% sehingga secara keseluruhan berada pada kategori baik, (5)Respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang dihasilkan 88,21% berada pada interpretasi sangat positif, (6)Analisis hasil belajar 28 orang tuntas dan 4 orang peserta didik tidak tuntas. Skor maksimum 100, skor minimum 63 dengan rata-rata 85. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan tersebut diatas maka perangkat yang dihasilkan layak untuk digunakan.

Kata Kunci:  penemuan terbimbing, pengembangan perangkat pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Basri, R. 2015. Pengembangan Strategi Pembelajaran Penemuan terbimbing Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Tesis tidak diterbitkan: PPs Unuversitas Makassar.

Fadhila. 2013. Analisis persepsi peserta didik terhadap buku teks mata pelajaran fisikaSMA kelas XI di kabupaten Polewali Mandar. Tesis PPs UNM : Tidak diterbitkan

Jafar, M. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Kooperatif Tipe TAI untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Tesis tidak diterbitkan: PPs Universitas Negeri Makassar.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik, Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Nurdiana, Z. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar Kingdom Plantae Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas negeri sekabupaten Jeneponto.Tesis tidak diterbitkan: PPs Universitas Negeri Makassar.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Priansa, J, D. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas,Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, 2009. Validasi Isi: Buletin Pa’birita No. 10 Tahun IV.

Sadia.I.W. 2014. Pengaruh Model Penemuan terbimbing Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP. Jurnal PPs Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Diakses pada tanggal 11 Januari 2016.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

………..2013. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

_______ 2010. Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Willis, J. 1995. The Recursive, Reflective Instructional Design Models Base On Constructivist – Interpretvist Theory Educational Technology, 35 (6), 5-23 (online) http:// www.quasar.ualberta.ca/edpy 597 mappin/readings/m 13_willis_2.htm di akses pada tanggal 7 Juli 2016

Zuhdan. K. P, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UN.


Article Metrics

Abstract view : 573 times | PDF view : 308 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License