KEMAMPUAN MERENCANAKAN PENYELIDIKAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X1 SMA BARRANG LOMPO MAKASSAR

Mutmainnah Mutmainnah(1*), Muhammad Agus Martawijaya(2),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2170

Abstract


This research was a "pre-experiment" that aimed to determine the ability of physics investigation plan based on local wisdom X1 class high school students Barrang Lompo Makassar in learning. This study used a qualitative research design. The study population was high school students X1 class Barrang Lompo Makassar academic year 2015/2016 as much as 23 and the sample selected at random by taking the class as a whole, but after the initial tests are given in the form of worksheets to students of physics, it is known that only 5 learners which has the ability to plan in the investigation of physics while 18 other students do not have the ability to plan an investigation into worksheets so that only five students a sample of this study. The research instrument used was the test the ability of planning a physics-based investigation of local wisdom that has been valid for use. The data analysis technique used in this research was descriptive data analysis techniques. Based on the results of the descriptive analysis showed that of the five students, there is only one learner who have the ability to plan an investigation of physics based on local wisdom.

Keywords : teaching physics, descriptive, local wisdom

Penelitian ini adalah penelitian “pra eksperimen” yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan merencanakan penyelidikan fisika berbasis kearifan lokal peserta didik kelas X1 SMA Barrang Lompo Makassar dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Adapun populasi penelitian adalah peserta didik kelas X1 SMA Barrang Lompo Makassar tahun ajaran 2015/2016 berjumlahkan 23 orang dan sampelnya dipilih secara acak dengan pengambilan kelas secara utuh, namun setelah diberikan tes awal berupa lembar kerja fisika kepada peserta didik maka diketahui bahwa hanya 5 peserta didik yang memiliki kemampuan awal dalam merencanakan penyelidikan fisika sedangkan 18 peserta didik lainnya tidak memiliki kemampuan merencanakan penyelidikan dalam mengerjakan lembar kerja sehingga hanya 5 peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan merencakan penyelidikan fisika berbasis kearifan lokal yang telah valid untuk digunakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa dari kelima peserta didik tersebut, hanya ada satu peserta didik yang memiliki kemampuan merencanakan penyelidikan fisika berbasis kearifan lokal.

Kata Kunci:pembelajaran fisika, deskriptif, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nurhikmah. 2015. Identifikasi kearifan lokal untuk pembelajaran fisika. Makassar. UNM

Arkadie, Aan S. 2012. Aliran angin konveksi. https://fisika79.wordpress.com/2011/08/17/aliran-angin-konveksi/. Diakses pada tanggal 15 Desember 2015.

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media

Daeng Tata, Abdul Rasyid. 2015. Kearifan lokal pulau Barrang Lompo Makassar.

Dimyati & Mudjono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran. Jakarta. Pusat Kurikulum Balitbang.

Echols, J.M dan Shadily, H. 2003. Kamus Indonesia – Inggris An Indonesian – English Dictionary. Jakarta. PT. Gramedia.

Khaeruddin dan Sujiono, Eko Hadi. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar : State University of Makassar Press.

Kurnianto, dkk. 2010. Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Martawijaya, Agus, dkk . 2014. Strategi Pembelajaran MIPA Berbasis Kearifan Lokal. Makassar. Pustaka Lontara.

Martawijaya, Agus. 2013. Buku Fisika Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Dan Ketuntasan Belajar. Jurnal Nasional.

Mary, L Ango, 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in them Teaching of Science: An Educology of Science

Education in the Nigerian Context. Plantean State, Nigeria : University of Jos. International Journal of Educology, 2002, Vol 16, No.1

Mungmachon, Roikhwanphut. 2012. Knowledge and Lokal Wisdom: Community Treasure. International Journal Of Humanities And Social Science.

Resti dkk, 2013. Pembelajaran Saintifik Berorientasi Pembelajaran Masalah. Jurnal invotec Vol.IX No.2 : hal 167

Rusmiyati, Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Sangadji, Etta Momang. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Penerbit ANDI.

Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebagai Sebuah Falsafati Universitas Gadjahmada. Jurnal Nasional.

Setiyadi, Putut. 2012. Discourse Analysis Of Serat Kalatidha: Javanese Cognition System And Lokal Wisdom. Asian Journal Of Social Sciences & Humanities.

Sujarwanta, Agus. 2012. Natural Science Learning Conditional with Saintific Approach. Jurnal nuansa kependidikan

Subiyanto. 1988. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suriasumantri, J. 1985. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta. Sinar Harapan.

Sukron, M. B. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivis Untuk meningkatakn keterampilan proses sains. Jurnal Widya Tama Vol.2 No.4 : hal 25

Sutrisno. 2006. Fisika Dan Pembelajarannya. Bandung. Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UPI.

Tawil, Muhammad, dkk. 2012. Keterampilan Proses Sains. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Tuckman, B. (1999). Conducting Education Research. United State of America: Harcourt Brace & Company.

Widodo, Tri. 2009. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta. Penerbit MEFI CARAKA.

Wirawan, Zose. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains Humanistik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Makassar. UNM


Article Metrics

Abstract view : 402 times | PDF view : 186 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License