PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 26 MAKASSAR

Nardin Nardin(1*), Muhammad Tawil(2),

(1) Universitas Indonesia Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2164

Abstract


The study almed at (1) desribling the students’ learning interst on Physics taught by employing problem-based learning model, (2) desribling the mastery of Physics concept taught by employing problem-based learning model, (3) desribling the mastery of Physics concept taught by employing discovery learning model, (4) desribling the mastery of Physics concept taught by employing discovery learning model, (5) analyzing the students’ learning interest on Physics taught by employing problem-based learning model and the one with discovering learning model, (6) analyzing the mastery of Physics concept taught by employing problem-based learning model and the one with discovery learning model. The study employed experiment research with posttest only control design. The population of the study was all class VII students at SMPN 26 Makassar consisted of nine class with the total 270 students. The samples were two classes, class VII4 as the experiment class taught by employing problem based learning model and class VII5 as the control class taughtby employing conventional learning model with 29 students in each class, obtained by employing random sampling technique. The results of the study reveal that (1) the students’ learning interest on Physics taught by employing problem based learning model with the indicators of favorite, interest, attention, and involvement is in high category, (2) the students’ learning interest on hysics taught by employing discovey learning model with the indicators of favorite, interest, attention, and involvement is in low score, (3) the mastery of Physics concept of syudents taught by employing problem based learning model is in very high category, (4) the mastery of Physics concept of syudents taught by employing discovery learning model is in very high category, (5) the students’ learning interest on hysics taught by employing problem based learning is higher than the one taught by employing discovery learning model, and (6) the mastery of Physics concept of syudents taught by employing problem based learning model is higher than the one taught by employing discovery learning model.

Keywords: discovery learning, interest, learning outcomes

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, (3) mendeskripsikan minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning, (4) mendeskripsikan penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning, (5) menganalisis minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning, (6) menganalisis penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan eksperimen dengan desain posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 26 Makassar terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 270 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih Kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik dengan indikator kesukaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan berada pada skor tinggi, (2) minat belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dengan indikator kesukaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan berada pada skor rendah , (3) penguasaan konsep fisika yang diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat tinggi, (4) penguasaan konsep fisika yang diajar melalui pembelajaran model discovery learning peserta diidk berada pada kategori tinggi, (5) minat belajar peserta didik dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dan, (6) penguasaan konsep fisika peserta didik dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning.

Kata Kunci: hasil belajar, minat, pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Amin, M. & Baharuddin. 2001. Pengaruh Pendekatan Berpikir Deduktif-Induktif serta Pemahaman Konsep-Konsep Pengantar Elektro Teknik Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengatar Elektro Teknik. Jurnal Penelitian, (Online), Vol 7 (2).

Barrows, H,S. dan Tamblyn, R.M. 2005. Problem Based Learning: An Approch to Medical Education. New York: Springer Publishing.

Bloom, Benyamin S. Taxonomy Of Educational Objectives, the Classification of Educational Goals. America : The United State of America.

Borich, Gray D. 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mc. Millan Publishing Company.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duch, J.B. 2000. Problems: A Key Factor in PBL. Tersedia: http://www.udel.edu/pbl/cte/spr96-phys.html. 21Juli 2010.

Hamdani, D., Kurniati, E. & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahamn Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, (Online), Vol.X No.1

Ibrahim, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Joyce, B.,Weil, M. & Calhoun,E. 2011. Model-Model Pengajaran (Terjemahan Oleh Achmad Fawaid & Ateilla Mirza) (8th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khaerani, Rahmah. 2011. Peranan Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Watampone. Tesis. Tidak diterbitkan: PPs UNM Makassar.

Khasanah, Umi. 2014. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran. Makalah (Online). (http://umikhasanah49.blogspot.com/ 2014/ 05/bab-i-pendahuluan-1.html, diakses 19 Februari 2015).

Kuswana, W.S. 2012. Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nur, M. 2002. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: UNESA.

Rohim, Fathur, dkk. 2012. Penerapan Model Discovery Learning Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E.R. 2000. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi kedelapan. Jakarta: Indeks.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.


Article Metrics

Abstract view : 1167 times | PDF view : 332 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License