PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN IPA FISIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAREBBO KABUPATEN BONE
(1) SMP Negeri 2 Barebbo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2163
Abstract
Keywords: on-line, self-learning media, web
Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Web untuk Pembelajaran IPA Fisika Kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Web dengan tujuan; (1) Untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran mandiri berbasis web, (2) Untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran mandiri berbasis web. Penelitian ini dilaksanakan pada SMPN 2 Barebbo Kelas VII tahun pelajaran 2015-2016 semester genap sebanyak 32 orang. Perangkat pembelajaran yang melengkapi media pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Buku ajar Peserta Didik dan Tes Hasil Belajar sedangkan Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik, persepsi peserta didik, persepsi praktisi/guru, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran mandiri berbasis web menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen media pembelajaran berbasis web (prototipe I), mulai dari perangkat sampai dengan instrumen yang digunakan dinyatakan valid oleh para ahli dan praktisi, (2) secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran menggunakan media pembelajaran selama ujicoba, rata-rata hasil pengamatan = 1,85 (terlaksana seluruhnya) dengan R = 1,00 (reliabel), (3) secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria keefektifan. Hasil pengamatan selama pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web adalah; (a) Aktivitas peserta didik yang diamati berada pada kategori sangat aktif yaitu rata-rata sebesar 89,70%, (b) Persepsi peserta didik berada pada kategori sangat positif yaitu sebesar 87,50%, (c) Persepsi praktisi/guru terhadap media pembelajaran sangat positif yaitu rata-rata sebesar 90,13%, (d) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kategori sangat baik yaitu M = 3,62 (sangat baik) dengan R= 0,95 (reliabel) dan (e) Hasil tes belajar peserta didik mencapai rata-rata 75,31. Skor tertinggi 93 dan skor terendah adalah 63. Ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 87,50%.
Kata Kunci: jaringan, media pembelajaran mandiri, online
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 2007. Ilmu dan Aplikasi. Jakarta: Imtima.
Anderson, L. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.
Davidson, G. 2006. Web Based Learning: Designing, Implementation, and Evaluation. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.
Depdiknas. 2008a. Pedoman Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Dirjen Mandikdasmen. Depdiknas.
Dick, W. 1978. The Systematic Design of Instruction. United States of America: Scott, Foresman and Company.
Djamarah, syaiful Bahri, Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka.
Gazali, M. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika SMA Interaktif Berbasis Web 2.0. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPsUNM.
Gregory, R. J. 2000. Psycological Testing History, Principles and Aplication. Boston: Allun and Bacon.
Hamalik. 2000. Media Pendidikan. Bandung: Sinar Bagus Algesindo.
Hany, K. 2002. Belajar Sejarah Melalui E-Learning. Jakarta: PT Intimedia.
Horton, W. 2003. E-Learning Tools & Technologies: A Consumer's Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. USA: Wiley Publisher, Inc.
Koni S, Uno H. B. 2014. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Koran, J. K. 2002. Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia. www.moe.edu.my.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Munir. 2008. Kurikulumm Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Modek-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi pustaka Publish. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-
Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
U, A. T. 2012. Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Sistem Reproduksi. Tesis. Tidak diterbitkan . Makassar: PPS UNM.
Wikipedia. 2015. wikipedia.org. Retrieved Juni 13, 2015, from wikipedia.org: http://id.m.wikipedia.org/wiki/HTML
Yasdin. 2013. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Web Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri makassar. Tesis yang tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Article Metrics
Abstract view : 1115 times | PDF view : 419 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License