ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN JENEPONTO

Kiki Rizki Fauziah(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Muhammad Arsyad(3),

(1) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, 90224
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1740

Abstract


Abstract: Analysis Relationship Between Logic-Matematical Intelligence and Learning Outcome of Physics of XI Grade Student at SMA Negeri in Jeneponto Regency. This research was ex-post facto research which aims to know the level and the relationship between logical-mathematical intelligence and learning outcomes of physics. Population in this research was all of students of grade XI IPA of SMA Negeri in Regency of Jeneponto Year 2014/2015 consisting of 1182 students. The samples of this research were 270 respondents that were choosen by using Cluster Sampling Area. The instruments used in this research were test of logic-mathematical in the form of multiple choice amounts of 25 numbers and learning outcomes physics in the form of multiple choice amounts of 30 numbers that met validity criterias. Descriptive analysis showed that average scores of student logical-mathematical intelligence were in medium range (medium category) and the average score of the learning outcomes physics were alsoin medium range (medium category). The results of product moment correlation analysis with significant level a = 0,05 showed that there was positive and significant relationship between logical-matehematical intelligence and learning outcomes physics.

Keywords:     logic-matemathics intelligence, physics learning outcome

Abstrak: Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-matematis Dengan Hasil belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian ex–post facto dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan logis-matematis dan hasil belajar fisika serta hubungan antar keduanya. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 1182 orang. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik Cluster Sampling Area  sebanyak 270 responden (telah memenuhi kriteria sampel minimal). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan logis-matematis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal serta tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang memenuhi kriteria valid. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa rata-rata skor kecerdasan logis-matematis peserta didik berada dalam rentang sedang (kategori sedang) dan rata-rata skor hasil belajar fisika berada dalam rentang sedang (kategori sedang). Hasil analisis korelasi product moment pada taraf  nyata a = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar fisika peserta didik.

Kata Kunci:  kecerdasan logis-matematis, hasil belajar fisika


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anonim. (2015). Indeks Integritas dan Rata-rata Nilai Ujian Nasional Tahun 2015 Per Kabupaten/Kota Provinsi di Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2015.

Fakhriyah, F. (2013). Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Peranan Guru Profesional dan Berkarakter dalam Pembangunan Sumber Daya Masyarakat. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Harahap, R. H., & Harahap, M. B. (2012, Desember). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep dan Aktivitas terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 4(2), 32-37.

Jasmine, J. (2012). Metode Mengajar Multipple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Masykur, M., & Fathani, A. H. (2008). Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mukhidin. (2011). Pengaruh Kecerdasan Logis-matematis terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah pada Materi Operasi Vektor Mata Pelajaran Fisika di MAN Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematsi-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Kontribusi Pendidikan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. Jogjakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiyanto. (2009). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer. Semarang: UNNES.


Article Metrics

Abstract view : 1617 times | PDF view : 811 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License