PERANAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 21 MAKASSAR

Masniati Masniati(1*), Ahmad Yani(2), Abdul Haris Bakri(3),

(1) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parangtambung Jln. Daeng Tata Raya, Makassar, 90224
(2) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parangtambung Jln. Daeng Tata Raya, Makassar, 90224
(3) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parangtambung Jln. Daeng Tata Raya, Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i2.1481

Abstract


Pre-experimental study has been conducted which aims to know the score of Student of SMA Negeri 21 Makassar attaining for physics science process skill at academic year 2014/2015 after they were taught by problem solving method. Sample of this research is one of all X class which was considered to be representing the whole population of students of SMA Negeri 21 Makassar academic year 2014/2015. The selected sampel was the X9 Class. The percentage of students towards the achievement of physics science process skills was in high category of 37,50% with frequency of 12 students. Based on hypothesis test, it was obtained that tcount = 1,723 while the t(0,95) = 1,695 fall on the rejection H0 area and the acceptance H1 area which could be concluded that the average score of physics science process skill after taught by problem solving method had reach more than 60% of ideal score for X grade studenst of SMA Negeri  21 Makassar academic year 2014/2015.

 

Telah dilakukan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pencapaian keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar yang diajar dengan meteode pemecahan masalah. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas X yang dipilih melalui pertimbangan keterwakilan peserta didik secara umum di SMA Negeri 21 Makassar tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang terpilih adalah kelas X9.  Adapun persentase jumlah peserta didik terhadap pencapaian keterampilan proses sains fisika peserta didik berada pada kategori tinggi sebesar 37,50% dengan frekuensi sebanyak 12 peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 1,723 sedangkan t(0,95) = 1,695 berada pada daerah penolakan Ho dan penerimaan pada H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains fisika setelah diajar dengan  menggunakan metode pemecahan masalah mencapai lebih dari 60% dari skor ideal pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci:  keterampilan proses sains, metode pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. lima ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dogru, M., 2008. The Application of Problem Solving Method on Science Teacher Trainees. International of Environmental & Science Education, 3(1), pp. 9-18.

Hamalik, O., 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrawati, 1999. Keterampilan Proses Sains Tinjauan Kritis sari Teori ke Praktis. Bandung: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2014, No 59. PMP Fis-Minat SMA: Tidak diterbitkan

Khan, M. S., 2012. the infact of heads on students academic achievement. interdiciplinary journal of contenporary research in busines, Volume 4, pp. 316-321.2013.

Riduwan, 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rojas.S, 2010. On the teaching and learning of physics problem solving. Revista Mexica De Fisica, Volume 56, pp. 22-28.

Sacharissa, K. 2013. Pengaruh Pembelajaran Konseptual Interaktif dengan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur. Makassar: Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Severinus,D., 2013. Pembelajaran Fisika Seturut Hakikatnya Serta Sumbangannya dalam Pendidikan Karater Siswa. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sani, R. A., 2013. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudirman, 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 20 ed. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, K. E. H., 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Tiro, M. A., 2008. Dasar-Dasar Statistika. ke-3 ed. Makassar: Andira Publisher.

Tuckman B.W. 1999. Conducting Educational Research. United State of America : Harcourt Brace dan Company.a 2013. Vol.4, No.11, 713-717.

Wena, M., 2009. Strategi Pemebelajaran Inovatif Kontenporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta Timur: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 560 times | PDF view : 145 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License