IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Mastuang Mastuang(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjen. H. Hasan Basri, Kotak Pos 219, Banjarmasin 70123, Kalimantan Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i2.1477

Abstract


The aim of this study was to increase learning outcomes of basic physics II course with the topic of static electric by implementing the direct model learning. The research subject was 34 university students. The research design was One Group Pretest-posttest design and use descriptive qualitative and quantitative of data analysis technique. This study was conducted in two phases; the first was the preparation as development of learning tools and the second was experiment in the classroom as implementation of learning package. The method of collecting data used three techniques; observation, test, and questionnaire. The results showed that (1) learning process was good in accordance with RPP, (2) the learning outcomes of students increase significantly, (3) the student responds to learning was in good category. Therefore, according to the findings above it could be concluded that the implementation of direct learning model is able to increase learning outcomes of the students in the basic physics II course.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dasar II pokok bahasan listrik statis dengan mengimplemetasikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Subjek penelitian berjumlah 34 mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan One-Group pretest-postest design dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama persiapan berupa pengembangan perangkat pembelajaran dan tahap kedua adalah eksperimen di kelas berupa penerapan perangkat pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan RPP, (2) peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa meningkat dengan berkategori tinggi, dan (3) respons mahasiswa terhadap pembelajaran berkategori baik. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II.

Kata Kunci:fisika dasar, hasil belajar, model pembelajaran langsung

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Belajar untuk Mengajar edisi ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S, 2005. Manajement Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dick, W. & Carey, L. & Carey J.O. 2009. The Systematic Designof Instruction. New Jersey: Rights and Permision Departemen, Pearson Education Inc

Eggen & Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran; Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Hake, Richard. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pre-test Scores on Mathematics and Spatial Visualization. The Physics Education Research Conference; Boise, Idaho.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Kardi, S. 2007. Pembelajaran Penemuan edisi 2. Surabaya: Unesa University Press

Kardi, S. 2003. “Strategi Motivasi ARCS”. Bahan kuliah pada Prodi S2 Pendidikan Sains Unesa Surabaya.

Kenny, T.D. 1990. Direct Instruction: An Overview of Theory and Practise. Journal of the Association of Special Education Teachers.

Moore, D. W. 2007. Direct Instruction : Targeted Strategies for Student Success. Journal National Geographic School Publishing.

Nur, Muhammad. 2006. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran edisi 2. Surabaya: Unesa University Press

Nur, Muhammad. 2007. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Edisi 4. Surabaya: Unesa University Press.

Nur, Muhammah. 2008. Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan G.T & Laurens, T. 2006. Evaluasi hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press

Reynolds, D &Mujis, D.. 2008. Effective TeachingTeori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Relajar.

Subrata. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 1 Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Undiksha

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Supriyono, A. 2012. Cooperatif Learning; teori dan aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto, 2009. Mendesain Pembelajaran Kontektual di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Unlam, FKIP. 2008. Peraturan Akademik FKIP Unlam edisi 2. Banjarmasin: FKIP Unlam Press


Article Metrics

Abstract view : 446 times | PDF view : 256 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License