ANALISIS PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DASAR MAHASISWA BERDASARKAN JALUR PENERIMAAN MAHASISWA DI JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Usman Usman(1*),

(1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar Jl. Daeng Tata Raya Parangtambung, Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1465

Abstract


This study aims to (1) obtain description on learning achievement of students received through SNMPTN, SBMPTN and independent pathways in the Department of Physics, FMIPA UNM for Basic Physics course; (2) determine the differences in  Basic Physics learning achievement of students accepted through SNMPTN, SBMPTN and independent pathways at the Department of Physics, FMIPA UNM. This research was descriptive research. The population of this research as well as the sampel consist of 103 students from the Department of Physics FMIPA UNM year entry 2014. Datas used in this study were collected by using documentation techniques and then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. Result of research analysis showed that the  learning achievement of Physics Department’s Students of UNM received in year 2014 through SBMPTN were averagely of 2.816 and dominated by students who have learning achievement with very satisfactory category; learning achievement of Physics Department’s  students of UNM received through SNMPTN were averagely 2.667 and dominated by students who have learning achievement with satisfactory and very satisfactory categories; Physics Department’s students of UNM received through independent way were averagely of 2.259 and dominated by students who have learning achievement with satisfactory category. Also, based on testing of hypothesis, it could be concluded that there were differences in learning achievement of Physics student at Physics Department of UNM entry year 2014 received through SNMPTN, SBMPTN and independent way for Basic Physics course.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran prestasi belajar Fisika Dasar mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri pada Jurusan Fisika FMIPA UNM; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar Fisika Dasar mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri pada Jurusan Fisika FMIPA UNM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian sebanyak 103 mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2014. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi  dan analisis data digunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika dasar mahasiswa Jurusan Fisika UNM angkatan 2014 yang diterima melalu jalur SBMPTN secara rata-rata adalah 2,816 dan didominasi oleh mahasiswa yang memiliki prestasi belajar dengan kategori sangat memuaskan;  prestasi belajar fisika dasar mahasiwa yang diterima melalu jalur SNMPTN secara rata-rata adalah 2,667 dan didominasi oleh mahasiswa yang memiliki prestasi belajar dengan kategori memuaskan dan sangat memuaskan;  prestasi belajar fisika dasar mahasiwa yang diterima melalu jalur mandiri secara rata-rata adalah 2,259 dan didominasi oleh mahasiswa yang memiliki prestasi belajar memuaskan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika dasar mahasiwa Jurusan Fiska UNM angkatan 2014 yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

Kata Kunci:  prestasi belajar, fisika dasar, jalur penerimaan mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinngi , 2014. Mendikbud Luncurkan SNMPTN 2014 http://dikti.go.id/ blog/2013/12/11/mendikbud-luncurkan-snmptn-2014/.Diakses tanggal 2 Januari 2015.

Kementrian Pendidikan Nasiona; 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010. Jakata; Kementerian Pendidikan Nasional.

Kompas.com. 12 Desember, 2012. Ini Syarat Untuk Ikut SNMPTN 2013. http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/12/10073043/Ini.Syarat.untuk.Ikuti.SNMPTN.2013. Diakses pada tanggal 3 Februari 2015.

Lodang, H. & Pallennari, M. 2010. Perbandingan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Biologi Jalur PMJK/PMDK dengan SPMB. Jurnal Bionature Vol. 11 (1): Hlm: 50 -53.

Matondang, Zulkifli. 2005. Model Seleksi Calon Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Yang Akurat dan Bekeadilan. http://digilib.unimed.ac.id/public /UNIMED-Article-23853 Zulkifli.pdf. Diakses pada tanggal 3 Februari 2015.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, 2013. Studi Tentang Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP Menurut Jalur Masuk. http://jurnal. fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/download/925/744. Diakses pada tanggal 2 Februari 2015.

Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Universitas Negeri Makassar, 2015. Kebijakan dan Peraturan Akademik Serta Peraturan Kemahasiswaan. Makassar; Balai Penerbit UNM.

Winkel W.S. (1987). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PN. Balai Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 637 times | PDF view : 613 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License