PERANAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA
(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1464
Abstract
This research aimed to describe students’ physics learning achievement who were taught by using scientific approach and expository approach and to find out the difference between them. This research was a Quasi Experimental with Intact Group Comparison design. The population of this research was the first grade students of SMA Negeri 1 Lappariaja academic year 2013/2014 with 350 students and the number of sample were 72 students which was divided into two classes directly chosen by the subject teacher. The descriptive analysis result showed mean score of experimental group was around 13 while the mean score of the control group was around 8. Inferential analysis showed that there is a significance difference in physics learning achievement between applying the scientific approach and by not applying a scientific approach to students grade X SMAN 1 Lappariaja academic year 2013/2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan scientific dan diajar dengan pendekatan ekspositori serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan diantara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Intact Group Comparison. Subjek populasi adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 350 peserta didik dengan sampel sebanyak 72 peserta didik dan terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara langsung. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa taksiran rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja yang diajar dengan menggunakan pendekatan scientific adalah sekitar 13 sedangkan yang diajar dengan pendekatan ekspositori adalah sekitar 8. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan dengan pendekatan scientific dan yang diajar dengan pendekatan ekspositori pada taraf nyata
Kata Kunci: hasil belajar fisika, pendekatan scientificFull Text:
PDFReferences
Abdisa, Garuma dan Tesfaye Getinet. 2012. The Effect of Guided Discovery on Students’ Physics Achievement. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 6, No. 4
Al-Sharaf, Adel. 2012. Developing Scientific Thinking Methods and Applications in Islamic Education. Kuwait University. Pages: 1.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
____________. 2013. PPT-2.1. Konsep Pendekatan Scientific (Ilmiah). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.
Bahri Syaiful, Djamarah dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Imam dan Palupi Anggraini Retno. 2013. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. {Online}. Tersedia:http://www.google.com/2_Imamgun&Anggraini_TaksonomiBloom_RevisiRanahKognitif.pdf (03 Juli 2014)
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada
Ormrod. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Riduwan. 2009. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Smith, Felicity J. 2009. Conducting Your Pharmacy Practice Research Project. University of London: Pharmaceutical Press
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tang, Xiaowei, Daniel M. Levin dkk. 2009. The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions In Teaching and Learning. Wiley Interscience.
Tiro, Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher
Wieman, Carl. 2007. Why Not Try a Scientific Approach to Science Education? Amerika: Change Magazine
Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 439 times | PDF view : 238 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License