PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAKASSAR

St. Fatimah(1*), Eko Hadi Sujiono(2), Abdul Haris Bakri(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya, Makassar
(2) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya, Makassar
(3) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya, Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1462

Abstract


This type of research is quasi experiment involving two groups. The two groups are the group taught with  method of learning Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) and the group taught with conventional learning methods. This research aims to determine: (1) the problem solving ability of physics on students of SMAN 8 Makassar who are taught using conventional learning methods, (2) the problem solving ability of physics on students of SMAN 8 Makassar who are taught using TAPPS learning methods, (3) The effect of TAPPS learning methods on physics problem solving ability of physics on students of SMAN 8 Makassar. The subject of this research is the students of class XI SMAN 8 Makassar. Data was collected by using observation sheet for learner activity and problem-solving tests. Collected Data were analyzed by descriptive statistics and inferential techniques. The result of descriptive statistics analysis before treatment shows that the problem solving ability of physics in experiment class and control class was in very low category with an average score of 32,24 and 22,73. But after being given the treatment, the problem solving ability of physics in experiment class was in high category with an average score of 84,51 while to control class in medium category with an average score of 74,85. Results of the inferential statistics analysis showed that the value of tcount > ttable. This meant that there was a significant difference between average score on problem-solving ability of physics of students who are taught using TAPPS learning method and students who are taught using conventional learning. Thus, it was concluded that there was the effect of TAPPS learning methods toward students’ problem solving ability.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok yang diajar dengan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik Kelas XI yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik Kelas XI yang diajar dengan metode pembelajaran TAPPS, (3) Perbedaan skor kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMAN 8 Makassar Kelas XI yang diajar dengan metode pembelajaran TAPPS dengan yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 8 Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes pemecahan masalah. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif sebelum diberikan perlakuan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kategori sangat rendah dengan skor rata-rata 32,24 dan 22,73. Adapun setelah diberikan perlakuan, kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas eksperimen berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 84,51 sedangkan pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 74,85. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran TAPPS dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran TAPPS terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Kata Kunci:  metode pembelajaran thinking aloud pair problem solving (TAPPS), pembelajaran konvensional, pemecahan masalah fisika


Full Text:

PDF

References


Anwar, Minnarti Milliza. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Kelas VII SMPN I Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Jurnal. Jurusan Pendidikan Fisika STKIP PGRI Sumatera Barat.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Echols, John M dan Hassan Shadily. 1996. Kamus Inggris Indonesia (An English-Indonesian Dictionary). Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Lee, K. W. L. 1998. Thinking Aloud about Pair Problem Solving In Chemistry: Journalteaching and learning institute of education (pp 13-18).

Muhkal, Mappaita. 2009. Hakikat Fisika Dan Hakikat Pendidikan Fisika. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Nurkancana & Sumartana. 1986. Pendidikan Bagi Anak-Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Polya, G. 1996. How to Solve It: Problem-solving in Education (pp 102-105). The University of Utah.

Shadiq, Fajar. 2009. Model-Model Pembelajaran SMA. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK).

Stice, James E. 1987. Problem–solving processes of college students: Teaching Problem Solving, vol. 4 (pp 267-296). The University of Texas At Austin.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gitamedia Press

Upu, Hamzah. 2003. Problem Possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Fisika. Makassar: Pustaka Ramadhan.

Upu, Hamzah. 2005. Mensinergikan Pendidikan Fisika Dengan Bidang Lain. Makassar: Pustaka Ramadhan.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Whimbey, A., & Lochhead, J. (1984). Problem Solving and Comprehencion: A Short Course in Analytical Reasoning, vol.6, pp 237-239.


Article Metrics

Abstract view : 712 times | PDF view : 379 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License