Efektivitas Metode Problem Solving Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppk.v5i1.8015
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas metode problem solving melalui konseling kelompok terhadap regulasi diri siswa SMA N 1 Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Non Equivalen Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen sejumlah enam siswa dan kelompok kontrol sejumlah enam siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMA N 1 Jatinom tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri untuk mengukur tingkat regulasi diri siswa SMA N 1 Jatinom. Efektivitas metode problem solving terhadap regulasi diri dapat dilihat dari perbedaan hasil uji wilcoxon dengan nilai sig. 0,028 lebih kecil 0,05 (0,028 < 0,05). Perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 42,4 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 22,2 (42,4 > 22,2). Rerata Gain Score kelompok eksperimen sebesar 0,43 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,23. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode problem solving melalui konseling kelompok efektif terhadap regulasi diri siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, W.Y, Firman, & Zikra. (2018). Efektifitas layanan penguasaan konten menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa. Konselor, VV (N): pp. XX-XX.
Anderson, R.J, Goddard, L., & Powell, J.H. (2009). Social Problem-Solving Processes and Mood in College Students: An Examination of Self-report and Performance-based Approaches. Springer Science and Business Media, LLC, 33:175–186.
Bass, J., Poudyal, B., & Murray, L., et.al. (2012). A controlled trial of problem-solving counselling for war-affected adults in Aceh, Indonesia. Soc Psychiatry Psychiatr Epidemiol, 47:279–291
Coates, C., Malouff, J.M., & Rooke, S.E. (2008). Efficacy of Written Modeling and Vicarious Reinforcement in Increasing Use of Problem-Solving Methods by Distressed Individuals. The Journal of Psychology, 4, 413–425.
Corey, C., Corey, G., & Corey, M.S. (2014). Groups: Process and Practice (8rd ed.). New York: Brooks/Cole, Cengage Learning.
Cuijpers, P., Straten, A.V., & Warmerdam, L. (2010). Online cognitive behavioral therapy and problem-solving therapy for depressive symptoms: Exploring mechanisms of change. European Psychiatry, 41, 64 – 70.
D’Zurilla, T.J., Nezu, A.M. & Nezu, C.M. (2013). Problem-Solving Therapy: a treatment manual. New York: Springer Publishing Company, LLC.
Eskin, M. (2013). Problem Solving Therapy in the Clinical Practice. London: Elsevier Inc.
Ormrod, J.E. (2012). Human Learning (6th.ed.). New York: Pearson Education, Inc.
Article Metrics
Abstract view : 1802 times | PDF view : 97 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Victor Gamma Kharisma;Budi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.