Identifikasi Hasil Belajar Siskomdig Karena Efek POE Dibandingkan PRP Pada Siswa SMK
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.7213
Abstract
The goals of this research are to find the difference of mean the cognitive and psychomotor learning outcome Simulation and Communication Digital due to implementation of POE learning model compare to learning model PRP . This research is using quasi experimental design through the type of Non-Equivalent Control Group Design. The hypothesist will be tested using Independent Sample of T-test. The result of this research showed that the mean difference test of students' learning outcomes in the cognitive obtained a significance of 0.006, while the psychomotor learning outcomes obtained a significance of 0.000. Based on the results of the average difference, the learning model that is superior to cognitive and psychomotor is the POE learning model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atriyanti, Y. & Hadisaputro, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran POE untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Dasar Siswa. Chemistry in Education, 4 (1). Diperoleh dari
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/3566.
Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. 2017. Penerapan Model Predict Observe Explain dengan Pendekatan Learning By Doing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX, 14 (2), ISSN: 2514-1713. Diperoleh dari
https://www.researchgate.net/publication/324055020.
Indriana, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. JURNAL DAYA MATEMATIS, 3 (1). Diperoleh dari
http://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/1317/pdf_5.
Kristianingsih, D.D., Sukiswo S.E., & Khanafiyah, S. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, ISSN: 1693-1246. Diperoleh dari
http://journal.unnes.ac.id.
Lestari, U., Astalini., & Darmaji. 2017. Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada Kegaiatn Praktikum Fisika Dasr I. Jurnal Fisika. Diperoleh dari
http://repository.unja.ac.id.
Ma’rifatun, Martini, K.S., & Utomo, S.B. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (3) , ISSN: 2337-9995. Diperoleh dari
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/kimia.
Muna, I.A. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama, 5 (1), ISSN: 2527631X. Diperoleh dari
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/download/3028/2258/.
Putri, A. P., Edidas, E., & Dewi, I.P. 2018. Pengaruh Model Active Learning Tipe Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Siswa X TKJ dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 3 Pariaman. VOTEKNIKA,.6 (1). Diperoleh dari https://ejournal.unp.ac.id.
Putro, S.C. & Desynatria, W. 2016. Interaksi antara Faktor Inisiatif dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Teknologi pada Siswa SMK. JURNAL TEKNO, 26 (2).
Septian, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AUTOCAD 3D pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMKN 2 Suarabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2 (2), 237-240. Diperoleh dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Silberman, M.L. 2013. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Suparno, P. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibawa, R. 2017. Pengaruh Pembelajaran Practice Rehearsal pada Mata Kuliah Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2 (1). Diperoleh dari
http://fip.ikipmataram.ac.id.
Article Metrics
Abstract view : 536 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.