PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN KARIER UNTUK SISWA SMP
(1) Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1355
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan menyusun modul perencanaan karier untuk membantu siswa SMP dalam merencanakan studi lanjut yang teruji secara teoritis maupun praktis, yaitu memenuhi kriteria keberterimaan melalui uji ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas. Desain penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Subjek penelitian yaitu empat orang ahli, tiga orang konselor dan enam orang siswa. hasil uji ahli dan uji kelompok kecil diperoleh hasil bahwa prototype yang dikembangkan telah memenuhi syarat keberterimaan. Hasil uji kelompok terbatas (eksperimen) dengan one-group pretest- posttest design terhadap enam orang siswa, menunjukkan hasil yang nyata bahwa setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier menggunakan modul rata-rata siswa mengalami peningkatan dalam semua komponen perencanaan karier, yaitu pengetahuan tentang diri sendiri, pengetahuan studi lanjutan, pemilihan rencana karier, pengambilan keputusan karier dan melaksanakan rencana. Disimpulkan terjadi peningkatan setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier. Hal ini berarti bahwa modul perencanaan karier efektif untuk membantu siswa dalam memilih studi lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1911 times | PDF view : 1510 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.