TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1353
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan wawasan siswa dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi melalui teknik two stay two stray dalam bimbingan kelompok. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe quasi experiment menggunakan desain pretest-posttest control group design, pengolahan datanya dilakukan dengan metode statistik. Sampel sebanyak 40 siswa yang berasal dari kelas XII IPS1 sebanyak 20 siswa dan XII IPS2 sebanyak 20 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling, kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis t-test atau uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara wawasan siswa dalam pemilihan jurusan pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikan perlakuan teknik two stay two stray dalam bimbingan kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1177 times | PDF view : 448 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling
Published by:
Guidance and Counseling Study Program,
Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Address : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar,
90222 .Kampus PPs UNM Makassar, Building AD Room 306
Lt II Study Program BK, Indonesia
Email: jppk@unm.ac.id
p-ISSN : 2443-2202
e-ISSN : 2477-2518
JPPK UNM Indexed by:
JPPK UNM is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.