Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

ST Jauhar(1*), Abdul Kadir(2), Wahyuni Wahyu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5067

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dalam meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Model pembelajaran Inside Outside Circle dan (2) Hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi merduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan kategori cukup dan siklus II dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Keywords


Model pembelajaran Inside Outside Circle, Hasil Belajar, IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

------. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian kualitatif Teori & Praktik.Jakarta : Bumi Aksara

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran .Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Sinring, dkk. 2012. Panduan Penulisan Skripsi Program S-1 FIP UNM. Universitas Negeri Makassar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning “Teori dan Aplikasi Paikem”.Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung. Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 1618 times | PDF view : 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ST Jauhar, Abdul Kadir, Wahyuni Wahyu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya