DESAIN SISTEM INFORMASI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (BAAK) UNM VIA TELEPON

ilham Thaief(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Sebuah layanan informasi terletak pada kemudahan dalam pengaksesannya. Layanan informasi yang bisa diakses lewat pesawat telepon telah lama dikenal oleh masyarakat. Dialogic card yang berfungsi sebagai interface antara pesawat telepon DTMF dengan personal komputer dapat diaplikasikan untuk membuat layanan informasi yang bisa diakses lewat pesawat telepon. Simulasi kerja sistem terdiri dari PABX, pesawat telepon DTMF, serta Dialogic Card yang terpasang pada personal computer. Dialogic Card berisi informasi sedangkan pesawat telepon DTMF yang merupakan nomor extensi dari PABX berfungsi untuk menyuarakan informasi dalam digit suara. Hasil dari penelitian ini merupakan layanan informasi BAAK UNM yang bisa diakses lewat telepon. Pada aplikasi ini untuk wtring rata-rata delay sampai dengan off hook adalah sebesar 3.198 detik. Rekaman suara menggunakan Multi Trade Voice dengan format ADPCM 8Khz karena memiliki kualitas suara yang lebih jernih. Untuk akses database rata-rata waktu yang diperlukan untuk mengakses satu informasi adalah sebesar 1.939 detik. Sistem informasi ini dapat diinterupsi tetapi membutuhkan waktu rata-rata 31.41 detik. Aplikasi ini juga dapat akses lewat 4 channel karena tidak menggunakan sistem hunting.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Akademik, Telepon.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.