Lecture Model of Student Transfer Discussion Method to Increase Student’s Activeness and Learning Outcomes
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Makssar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v4i1.4814
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 8(12), 50-56.
Arikonto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Chotimah, U. (2007). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Cooperative Learning. In Forum Kependidikan (Vol. 27, No. 1). FKIP Unsri.
Handayani, S., Emilia, O., & Wahyuni, B. (2009). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dengan dan Tanpa Fasilitator pada Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Remaja Tentang Perilaku Seks Pranikah. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(3), 133.
Hayati, Z. (2013). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tutor Sebaya Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi di SMA Srijaya Negara Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Khanafiyah, S., & Rusilowati, A. (2010). Penerapan pendekatan modified free inquiry sebagai upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru dalam mengembangkan jenis eksperimen dan pemahaman terhadap materi fisika. Berkala Fisika, 13(2), 7-14.
Muhtadi, A. (2009). Implementasi Konsep Pembelajaran “Active Learning” sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNY, Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Nursalam, N., & Suardi, S. (2018). PERBANDINGAN PRETEST DAN POSTTEST MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 11-17.
Ratnasari, A. (2013). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Raya, L. (1992). Metode Penelitian. Volume 08 Nomor 01 Edisi Maret 2017, 75.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Siswandi, H. J. (2006). Meningkatkan keterampilan berkomunikasi melalui metode diskusi panel dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (penelitian tindakan kelas). Jurnal Pendidikan Penabur, 7(5), 24-35.
Suardana, I. N. (2006). Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif berbantuan modul untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Kimia Fisika I. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 4, 751-764.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Teguh, W. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar Pkn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA).
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berriontasi Konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka.
Suardi, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang Kacamatan Bissappu Kabupten Bantaeng. " JURNAL ETIKA DEMOKRASI (JED)" PRODI PPKn FKIP UNISMUH MAKASSAR, 2(1). 12-19
Ulfah, M. (2012). Optimalisasi Hasil Belajar IPA tentang Sistem Gerak pada Manusia Melalui Metode Diskusi dengan Tehnik Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 3(1).
Wiyono, M. (2016). Profesionalisme Dosen dalam Program Penjaminan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1). 20-31
Article Metrics
Abstract view : 791 times | PDF view : 156 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Suardi Suardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | |||||
jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | |||||
https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | |||||
085299898201 (WA) | |||||
EST Index by: