PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA
(1) SDNegeri II Gaddong II Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2559
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF_IndonesiaReferences
Abdurrahman. 1994. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: Bintang Selatan.
Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Astutik, Tri. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Sains di SDN Patrang I Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1 (2).
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hamalik, Oemar. 2008. Prose Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ishak. 2000. Pendidikan IPS di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Lie, Anita. 2005.Cooperatif Learning Memperaktekkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Raditya, I Wayan, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1).
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sapriya, dkk. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI PRESS.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabya: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Article Metrics
Abstract view : 802 times | PDF_Indonesia view : 162 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal of Educational Science and Technology (EST)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial Office
Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar
Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia | |||||
jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id | |||||
https://ojs.unm.ac.id/JEST/index | |||||
085299898201 (WA) | |||||
EST Index by: