EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI

Hadi Kasmaja

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil implementasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan metode hypnoteaching, (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba yang diajar dengan menggunakan metode hypnoteaching. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIIb SMP Negeri 41 Bulukumba. Data yang dikumpulkan terdiri dari data motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching.Berdasarkan kriteria tingkat keefektifan, pembelajaran metode hypnoteaching cukup efektif untuk diterapkan pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba sebelum diterapkan metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 40,24 dan berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah diajar dengan pembelajaran metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 76,59 dengan sekitar 75 % siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga mencapai ketuntasan klasikal dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan metode hypnoteaching selama 6 kali pertemuan termasuk dalam kategori terlaksana keseluruhan dengan rata-rata 3,6. Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan metode hypnoteaching, dari skor rata-rata 95,96 menjadi 112. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 41 Bulukumba setelah diajar dengang menggunakan metode Hypnoteaching dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,61.

 



Keywords


Kata kunci : Efektivitas, metode hypnoteaching, motivasi belajar, hasil belajar, N-Gain.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1889

Article Metrics

Abstract view : 921 times | PDF view : 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Educational Science and Technology



Published by:
Graduate Program

Universitas Negeri Makassar
Alamat : Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 .

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia
Phone: 085299898201

Email: jurnalestunm@gmail.com dan est.journal@unm.ac.id

Join in Istagram   and  Facebook 

  

e-ISSN : 2477-3840
p-ISSN : 2460-1497


EST UNM Indexed by

 

 

Creative Commons License
EST UNM is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

VISITOR:

View My EST UNM Stats

 

 

View My Stats

 

Flag Counter